Sering Merasa Insecure Pada Diri Sendiri? Atasi Hal Tersebut dengan ke-4 Cara Ini!

12 Mar 2019

Selama menjalani kehidupan sehari-hari, pasti kamu pernah merasakan insecure di dalam diri kamu. Insecure merupakan perasaan nggak aman yang selalu timbul karena berbagai faktor. Jika kamu sedang mengalami insecure pasti kamu selalu resah dan gelisah, merasa ada yang kurang pada diri kamu.

Fase ini memang sangat mengganggu, karena mengakibatkan seseorang nggak percaya diri dan memikirkan hal-hal buruk yang akan terjadi pada dirinya. Contohnya, kamu selalu memikirkan kata what if  “What if.. baju ini nggak cocok di saya dan malah aneh dilihat orang-orang?” “What if saya maju ke depan dan dilihat banyak orang nantinya?”

Padahal hal tersebut nggak perlu kamu pikirin terus-terusan. Kalau kamu melakukan hal tersebut kamu akan merasa gelisah sampai kapanpun.

“Tapi kalau sudah terlanjur bagaimana cara mengatasinya?” Kamu bisa coba ke-4 tips di bawah ini ya!

 

1. Hilangkan Pikiran-pikiran Negatif di Kepalamu!

Biasanya orang yang mengalami fase insecure selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang buruk. Padahal kemungkinan tersebut belum tentu akan kejadian nantinya.

Pernah mendengar kalimat “Berpikir positif akan menghasilkan hasil yang positif”? Begitupun sebaliknya. So, hilangkan imajinasi burukmu ya! Mulai latih pikiranmu untuk selalu berpikir positif dari sekarang.

 

2. Selalu Bersyukur

Jangan pernah berhenti untuk bersyukur. Kalau kamu bersyukur kamu akan selalu merasa cukup. Nantinya kamu akan belajar untuk menerima diri kamu sendiri. Semakin sering kamu bersyukur, rasa insecure dalam diri kamu akan semakin berkurang.

Selain itu, kalau kamu bersyukur, nikmat kamu akan ditambah oleh Tuhan Yang Maha Esa lho! Tapi kalau kamu mengeluh terus, hidup kamu akan semakin terpuruk dan selalu merasa kurang. Serem banget ‘kan?

 

3. Kurangi Membanding-bandingkan Hidup Kamu dengan Orang Lain

Memang, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Begitupun dengan kehidupan. Pasti kamu selalu merasa hidup orang lain itu lebih enak dibanding hidup kamu.

Padahal, kamu juga nggak tau apa aja yang sudah dilewati oleh orang tersebut, dan seberapa besar masalah yang mereka hadapi. Kurang-kurangi membandingkan diri kamu dengan orang lain ya! Karena semakin kamu sering membanding-bandingkan kehidupanmu semakin dijauhkan kamu dengan rasa bahagia.

Baca juga: Kurang Percaya Diri? 6 Kegiatan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Membangun Rasa Percaya Diri Kamu

 

4. Tutup Telinga Rapat-rapat

Zaman sekarang nyinyirin orang tanpa memikirkan perasaannya itu gampang banget ya! Nggak sedikit orang yang seperti itu. Mereka merasa diri mereka paling sempurna. Nggak heran kalau mereka merendahkan orang lain baik secara fisik maupun mental.

Dalam hal ini kamu harus membiasakan diri untuk menutup telingamu rapat-rapat nih! Nggak akan ada habisnya kalau mendengarkan ejekan orang-orang tentang diri kamu. Kamu nggak harus selalu membuka telingamu. Ada kalanya kamu harus menutup telinga agar kamu nggak jatuh karena kata-kata.

 

Itulah ke-4 cara mengatasi rasa insecure di dalam diri. Ingat ya! Kamu itu worth it, kamu itu berharga, kamu pantas untuk menjadi yang terbaik. So, cintai diri kamu sendiri sebelum orang lain mencintai kamu ya!
Selamat membaca!

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019