ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

4 Karakteristik Orang Cerdas. Kamu Salah Satunya?  

Published at 23 Nov 2018 15:00

Kecerdasan pada setiap orang memang nggak bisa disamakan, ada yang cerdas dalam hal akademik. Misalnya sering juara kelas atau  cerdas dalam hal non akademik, atlet basket yang sering menang kejuaraan (baca: kecerdasan fisik).

Pada dasarnya setiap orang memiliki tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Dan kecerdasan itu dimiliki oleh semua orang. Setuju nggak?

Dari kecerdasan yang kamu miliki, tanda-tanda kecerdasan kamu juga bisa terlihat dari karakteristik kamu lho. Misalnya sifat ambisius, itu menandakan kalau kamu mampu melakukan apapun untuk mencapai hal yang kamu inginkan atau perfeksionis yang menandakan kalau kamu selalu menginginkan yang terbaik.

Ternyata karakteristik yang terdengar umum dan biasa aja ternyata dapat menandakan kalau kamu termasuk ke dalam golongan orang yang cerdas dan sudah terbukti dalam berbagai penelitian.

 

1. Pencemas

Untuk beberapa hal sepele kamu malah sering selalu merasa cemas dan memikirkannya secara berlebihan atau overthinking? Itu sebenarnya pertanda kalau kamu adalah orang yang cerdas lho.

Berdasarkan temuan psikologi Alexander Penney dari riset 100 mahasiswa di Lakehead University. Mereka yang sering kali mengkhawatirkan sesuatu memiliki skor tertinggi dalam dalam tes verbal. dan ternyata perilaku ini didasarkan karena mereka selalu memikirkan konsekuensi agar setiap tindakan bisa mendapatkan hasil terbaik.

 

2. Humoris

Banyak yang beranggapan kalau orang suka bercanda itu adalah orang yang nggak pinter-pinter amat karena terkesan ‘nyeleneh’, receh kalau kata kaum milenial sekarang ini. Tapi ternyata anggapan itu salah besar lho!

Faktanya, selera humor dan kecerdasan seseorang itu memiliki korelasi yang erat. Dalam riset Bucknell University di era 80an, terdapat hubungan yang erat pada mereka yang pernah mengikuti kelas statistika dengan selera humor yang mereka miliki. Beberapa penelitian lainnya juga mendukung hal ini yang selanjutnya membuktikan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kecerdasanyang tinggi memiliki selera humor yang lebih baik dibandingan dengan yang memiliki kecerdasan standar.

 

3. Independen

Berdasarkan menelitian di LSE Singapore Management, bersosialisasi merupakan salah satu aktivitas yang membuat orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata merasa kurang bahagian. Jadi, lebih senang menyendiri dan banyak melakukan banyak hal tanpa bantuan orang lain karena merasa nggak perlu melibatkan orang lain untuk kegiatan seahri-hari.

Dan ada beberapa penelitian yang mengaitkan dengan status seseorang dengan tingkat kederdasan yang dimilikinya. Salah satunya seorang single atau belum menikah memiliki perbedaan skor IQ yang cukup signifikan dibandingan dengan mereka yang nggak single atau sudah menikah. Para jomblo pasti seneng nih. *ups

 

4. Suka tidur

Wah ini tentunya kesukaan kamu ya? Penelitian dari beberapa universitas di Inggris membuktikan, orang yang bisa mengontrol kapan seharunya tidur dan kapan seharusnya bangun adalah orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Dan penelitan dari University of Southhampton mendukung fakta ini, yaitu orang-orang yang memilki jadwal tidur regular memiliki tingkat kebahagiaan hidup yang relatif lebih tinggi dibandingkan mereka yang jadwal tidurnya berantakan.

Harus mulai mikir-mikir dulu yaa sekarang kalau mau begadang. Karena ternyata hobi orang cerdas itu tidur lho, tapi jangan salah kaprah ya! Nggak berarti tidur seharian juga hehehe.

 

Kamu kah di antara 4 karakteristik orang cerdas itu?

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

 

Related Article