ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

4 Kegiatan Berfaedah yang Bisa Dilakukan di Rumah Untuk Mengisi Liburan!

Published at 31 Dec 2018 14:20

Siapa nih yang liburannya di rumah aja? Tapi nggak perlu diratapi kok, walaupun hanya di rumah saja bukan berarti kamu santai-santai saja di kasur seharian, ada banyak kegiatan asik nan berfaedah yang bisa dilakukan di rumah kok.

Kegiatan sederhana ini bisa langsung kamu praktikan setelah baca tulisan ini. Walau sederhana tapi bisa memberikan banyak manfaat untuk jiwa dan raga kamu. Hmm, berlebihan nggak sih? Haha, simak dulu yuk!

 

1. Bisa Lebih Dekat Dengan Anggota Keluarga

(image:ohayo.co.id)

Kalau biasanya kamu bisa berkumpul bersama keluarga saat sore atau malam hari. Di hari libur ini, kamu bisa mengawali aktivitas bersama keluarga dari pagi. Tentunya ini bisa jadi kesempatan kamu untuk spend quality time dengan keluargamu. Misalnya, kamu ajak anggota keluarga kamu untuk masak, coba-coba resep baru terus makan bareng-bareng deh, wah, seru banget ‘kan?

Bisa cerita-cerita juga sambil makan bareng dan pasti ada saja bercandaan receh yang bikin ngakak. Percaya deh, itu pasti akan jadi momen yang akan selalu kamu kangenin nantinya. Lagi pula, kata siapa sih quality time sama keluarga itu harus liburan keluar kota atau nginep di hotel bintang lima?

 

2. Beres-beres!

(image:mimicicicake.com)

Beberapa ahli menyebutkan, kalau membersihkan dan merapihkan barang-barang bisa menjadi stress reliever, alias pereda stres. Karena proses beberes itu memberikan efek therapeutic dan meditatif, sehingga akan membuat kamu lebih rileks setelahnya.

Selain itu, beberes juga merupakan waktu yang tepat untuk kamu memilah barang-barang mana saja yang masih bisa dipakai dan mana yang nggak. Dan untuk beberapa barang yang masih layak pakai tapi kamu nggak mau pakai, kamu bisa sumbangkan. Siapa tahu bermanfaatkan untuk orang yang membutuhkan.

 

3. Dekor Ulang Kamar

(image:famous.brilio.net)

Waktu liburan ini harus bisa kamu manfaatkan untuk melakukan sesuatu yang nggak pernah sempat untuk dilakukan di waktu-waktu biasa karena dipenuhi kesibukan. Salah satunya kamu bisa gunakan waktu liburan ini untuk mendekor ulang kamar kamu. Misalnya, mengganti warna cat kamar, mengubah posisi tempat tidur, bisa kamu tata sesuka hati kamu deh.

Ini juga akan mempengaruhi mood belajar kamu nanti lho, kalau liburan sudah selesai. Kamu bisa dapatkan suasana baru saat belajar di kamar, seru ‘kan

 

4. Beraktivitas Di Luar Rumah

(image:krjogja.com)

Meskipun kamu nggak ada rencana untuk liburan kemana-mana, bukan berarti diam saja di dalam rumah atau kamar. Kamu bisa melakukan berbagai aktifitas outdoor supaya badan tetap segar. Misalnya, pergi bersepeda, main ke tetangga atau bantu ibu bapak menata taman atau tanaman di halaman rumah.

Pasti kalau pulang sekolah, kamu langsung masuk ke kamar ‘kan? Nah, saat liburan ini bisa jadi kesempatan yang bagus untuk kamu mengenali lingkungan rumah kamu.

 

So, last but not least, kamu juga harus bisa manfaatkan waktu liburan ini untuk istirahat yang cukup, jangan mentang-mentang nggak usah bangun pagi karena libur, kamu jadi bisa begadang.

Justru waktu ini harus kamu manfaatkan untuk bisa rileks dan tidur yang cukup! Agar lebih fresh dan siap untuk menghadapi segudang aktifitas pasca hari libur nanti!

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article