ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

4 Keuntungan Belajar Ekonomi untuk Kehidupan Sehari-hari

Published at 30 Nov 2018 15:00

Nggak banyak siswa yang belajar ekonomi merasa bosan, terlebih mengerjakan tugas hitung-hitungan yang semuanya fiktif.

Namun, di balik semua itu ada keuntungan yang bisa dituai di masa depan bila kamu memilih sebagai penguasaha.

Kalau saat ini kamu merasa bosan belajar ekonomi, bukan berarti kamu nggak suka atau bisa. Melainkan kamu nggak tau dampak apa di masa depan ketika mempelajari ilmu ekonomi.

Terus, apa aja keuntungan kalau belajar ekonomi?

 

1. Melatih Kreativitas dalam Berwirausaha

Dengan kemajuan teknologi, manusia dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Seperti berkembangnya perekonomian startup, dimana internet sudah menjadi wadah mengais rezeki.

Dengan belajar ekonomi, kita lebih mengetahui risiko bisnis yang akan terjadi, lebih bisa mempersiapkan rencana bisnis secara detail, walau semua itu bisa kamu kuasai seiring berjalannya waktu menjadi pengusaha.

 

2. Belajar Manajemen Waktu, Uang, dan Hidup

Dengan adanya ilmu ekonomi kita bisa membagi waktu, uang, dan pikiran untuk hal-hal yang baik. Kita lebih mampu meminimalisir ketika bertindak karena kita sudah punya landasan manajemen bisnis yakni ilmu ekonomi yang telah kita pelajari.

Bayangkan! ketika kita nggak bisa memanaje kehidupan kita, baik dari waktu, uang, atau kebutuhan lainnya, maka akan berantakanlah kehidupan kita kedepannya. Jangan sampai ya kawan!

 

3. Belajar Mengatur Perekonomian Keluarga

Dalam ilmu ekonomi kita akan menemukan berbagai cara mengatur dan mengolah perekonomian keluarga kita dengan baik dan bermanfaat. Keluarga merupakan tempat dan lingkup kehidupan kita yang pertama.

Keluarga bisa menjadi tempat berlatih bagaimana kita mampu mengolah dan mengatur perekonomian yang ada. Kalau menurut kamu ibu kamu belum baik dalam mengelola perekonomian keluarga, coba deh kamu yang atur, tapi jangan korupsi ya. Tunjukkan kalau kamu mampu dalam mengatur perekonomian keluarga melalui ilmu ekonomi yang kamu dapatkan di sekolah.

 

4. Mengenal Potensi Sumber Daya Alam

Alam menjadi salah satu sahabat manusia dalam hal keberlangsungan hidup selanjutnya. Alam akan menjadi harta karun bagi manusia. Namun masih banyak orang yang belum bisa mengenali potensi alam sekitarnya sehingga alam nggak akan bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi manusia.

Dengan mempelajari ilmu ekonomi manusia mampu mencari tahu dan menemukan potensi alam yang ada di sekitarnya sehingga mereka mampu mengolahnya. Tapi ingat ya! Jangan serakah, jika kamu memanfaatkan sumber daya alam, cari juga cara mempertahankan sumber daya alam tersebut.

 

Nah itu dia 4 keuntungan belajar ekonomi untuk kehidupan sehari-hari, jadi jangan bosen ya kalau dapat pelajaran ekonomi, karena banyak ilmu yang bisa kita dapatkan untuk masa depan. Semangat!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

 

Related Article