ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

5 Jurusan Kuliah Paling Cocok untuk Cewek Pemalu

Published at 11 Dec 2018 15:00

Di dunia ini ada bermacam-macam karakter manusia, ada yang ekstrovert dan introvert. karakter ekstrovert lebih bersifat spontan dan tampak percaya diri mengungkapkan pendapatnya.

Sedangkan karakter introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara, nggak terlalu nyaman untuk bergaul dengan banyak orang, lebih suka bekerja sendiri, dan kurang percaya diri. Atau yang lebih sering disebut, karakter Introvert adalah si pemalu.

Menjadi pemalu memang dilematis. Tapi, kamu nggak boleh menyalahkan diri sendiri. Satu hal lagi, siapa bilang perempuan pemalu susah berhasil di dunia karier? Sebaliknya, kamu justru bisa mengembangkan potensi sesuai dengan kondisi diri kamu, kok.

Salah satu caranya, dimulai dari pemilihan jurusan di universitas yang tepat. Ini dia 5 jurusan kuliah yang bisa kamu ambil buat kamu:

 

1. Akuntansi

Buat kamu yang pemalu dan suka dengan angka, akuntansi bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan potensi dan karier di masa depan kamu lho. Di jurusan ini, kamu bakal berurusan dengan auditing, cost accounting, hukum bisnis, pajak akuntansi, dan mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan angka. Tidak ada deh acara ketemu client atau customer yang berganti-ganti orang tiap harinya.

Biasanya akuntansi masuk ke dalam fakultas ekonomi dan bisnis. Fakultas ini nggak perlu bingung-bingung kamu cari, karena di  setiap kampus sudah banyak diadakan kelas akuntansi. Kalau mau eksklusif ya di PKN STAN.

 

2. Desain Grafis

Jurusan desain grafis memungkinkan mu belajar bagaimana dasar-dasar desain yang baik, sekaligus cara menggunakan program komputer yang cutting-edge yang hanya berkutik dengan aplikasi desain di komputer. Jadi cocok banget buat, karena bidang ini nggak membutuhkan banyak interaksi sosial. Walaupun tetap ada interaksi sosial dalam ruang lingkup pekerjaan ini, seperti konsultasi dengan klien atau teman kerja untuk membuat website, mendesain logo, kebanyakan waktu kamu akan bekerja sendiri.

 

3. Network and System Administration

Di jurusan ini, kamu juga nggak perlu banyak bercakap-cakap atau bersosialisasi. Kamu justru akan banyak menghabiskan waktu untuk belajar keamanan siber dan bagaimana menggunakan teknologi paling mutakhir dan efektif.

Ada juga mata kuliah terkait hardware technology, network security, information system dan database management. Sekali-kali kamu memang bakal belajar dalam satu kelompok. Namun, hal itu bukan masalah. Pasalnya, dalam kelompok ini kamu bakal belajar soal sistem komputer dan data. Dengan kata lain, tetap less words, more works.

 

4. Sistem Informasi

Ini adalah jurusan yang sempurna buat kamu yang nggak terlalu suka berinteraksi dengan manusia. Hal terbaik adalah kamu hanya membutuhkan sebuah komputer untuk melakukan pekerjaan ini, berarti jurusan ini cocok banget buat kamu dan dapat bekerja sendiri dan dimana saja.

Selama kuliah, kamu akan lebih banyak berurusan dengan hal-hal seperti informasi dan data, statistik, dan coding Di sini kamu juga akan belajar menjadi detail-oriented, familiar dengan code-code, serta komputer.

 

5. Paralegal

Menjadi mahasiswi jurusan paralegal berarti bakal banyak mengunjungi perpustakaan. Di sini kamu bakal mengakses jurnal hukum, ringkasan kasus, dan dokumen pemerintah. Satu lagi, yang namanya perpustakaan, suasananya pasti nyaman dan sepi.

Di sini orang-orang datang untuk membaca ataupun mencari referensi untuk penelitian mereka. Nah, buat perempuan pemalu, jurusan ini bisa menjadi pilihan buat kamu. Apalagi di jurusan ini, kamu bakal lebih banyak berinteraksi dengan aspek terkait penelitian, penulisan, analisis hukum, serta argumentasi legal.

Itulah 5 jurusan yang kira-kira bisa kamu pilih sesuai karaktermu. Sifat malu itu wajar dan bisa dikendalikan. Jadi, maksimalkan dengan jurusan kamu sudah ketahui di atas.

 

Kalau konten ini bermanfaat dan informatif, bagikan juga dong ke teman teman lainnya ^_^

 

Penulis : Dewi Shinta N.

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article