ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

5 Alasan Ibu Sri Mulyani Disukai Anak Muda

Published at 04 Oct 2018 15:29

1. Pribadi yang jujur dan bersih dari korupsi

Bu Ani, begitu sapaan akrabnya, dikenal sebagai orang yang jujur, tegas dan disiplin. Beliau juga diketahui sangat tegas dalam memerangi korupsi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari Kementerian Keuangan Indonesia yang berhasil menjadi kementerian paling tidak korup di bawah pimpinan ibu Sri Mulyani. Beliau juga berani memangkas anggaran kementerian saat perekonomian Indonesia sedang menurun. Di saat beberapa menteri lainnya mengatakan bahwa ekonomi Indonesia baik-baik saja. Patut banget dicontoh nih!

 

2. Berani mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan Negara

Mementingkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Namun, Ibu Ani kerap kali melakukannya lho. Buktinya, saat krisis ekonomi tahun 2008, ibu dari tiga orang anak ini diharuskan menghadiri rapat dengan para petinggi negara lainnya untuk membahas strategi yang harus dilakukan. Padahal pada saat yang sama, ibunya sedang kritis di rumah sakit. Bu Ani pun akhirnya tetap memimpin rapat selama dua hari dua malam, hingga ia mendapatkan kabar wafatnya sang ibunda.

Hal lainnya terlihat saat beliau mau mengorbankan pekerjaannya sebagai Direktur Bank Dunia dengan gaji yang mencapai ratusan milyar, untuk menjadi menteri yang hanya digaji 19 juta rupiah. Kalau kita, bisakah melakukannya?

 

3. Senang berbagi ilmu

Ibu Sri Mulyani memang sering sekali menjadi pembicara di berbagai acara seminar dan talk show. Beliau juga sempat aktif menjadi penasihat pemerintah bersama dengan sejumlah ekonom terkemuka lainnya dalam Dewan Ekonomi Nasional (DEN). Saat bekerja di Amerika, Bu Ani juga tetap aktif menjadi pembicara di berbagai seminar internasional, lho. Topik yang dibahas juga bervariatif, mulai dari kondisi ekonomi dunia terkini hingga korupsi. Saat menjabat sebagai menteri pun, ia masih menyempatkan diri menjadi dosen kuliah umum di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

 

4. Sukses di dunia Internasional, namun tetap membumi

Menjadi perempuan pertama dari Indonesia yang berhasil menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia tentu merupakan prestasi yang membanggakan. Namun ternyata, wanita yang mendapatkan gelar Master dan Doktor Ekonomi dari University of Illinois ini tetap memegang nilai-nilai tradisional Indonesia, lho. Salah satunya dapat dilihat dari pakaian khas Ibu Ani yang selalu mengenakan busana batik ataupun etnik. Gaya berpakaiannya ini bahkan sudah menjadi ciri dirinya di kantornya di Washington D.C. Selain itu, Ibu Ani juga suka membawakan masakan Indonesia yang ia masak sendiri untuk para karyawannya. Panutan banget ‘kan?

 

5. Tidak lupa perannya sebagai Ibu

Di balik semua prestasi yang telah berhasil diraih, ternyata masih banyak kisah hidup Sri Mulyani yang tidak kita ketahui. Ternyata disela-sela kesibukannya, beliau selalu menyempatkan diri pulang tepat waktu setiap malam untuk memasak dan makan bersama keluarganya. Ibu Ani juga selalu menjaga komunikasinya dengan anak serta suaminya agar tetap terbuka dan transparan. Mengagumkan sekali ya!

Related Article