ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Cara untuk Meningkatkan Daya Ingat Materi Pelajaran

Published at 20 Dec 2018 10:25

Sebagai seorang pelajar yang setiap saat dihadapkan pada berbagai materi pelajaran, rasanya bukan hal yang mudah untuk kamu mengingat materi yang sudah dipelajari baik di sekolah maupun di rumah. Materi yang banyak seringkali membuat kamu merasa kesulitan untuk mengingatnya, bukan?

Akan tetapi, kini kamu nggak perlu lagi bingung untuk mengetahui bagaimana caranya agar kamu tetap mengingat materi yang baru saja kamu pelajari.

Di bawah ini, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan agar kamu tetap mengingat materi pelajaran apa saja yang telah dipelajari. Yuk disimak!

 

1. Membaca

Yup, betul banget! Membaca adalah kunci pertama agar kamu selalu mengingat materi pelajaran yang baru saja kamu pelajari. Trik yang pertama ini harus kamu lakukan sesering mungkin ya sebab ini trik yang paling utama di antara yang utama, hehehe. Membaca dapat membuat kamu semakin memperoleh pengetahuan dan wawasan yang luas.

 

2. Tandai Informasi Penting

Buku yang sudah kamu baca, jangan hanya sekadar dibaca ya, tetapi juga diberi tanda terhadap informasi-informasi penting. Kamu bisa menandainya dengan stabilo maupun spidol yang beraneka warna agar terlihat lebih menarik. Dengan menandai informasi yang penting turut membantu kamu mengingat materi yang sedang dibaca dan menemukan poin-poin utama dari materi yang sedang kamu pelajari.

Baca juga: Metode cornell, teknik menulis catatan buat kamu yang sering lupa!

 

3. Tulis Kembali

Nggak mau kan informasi yang kamu dapatkan sia-sia begitu saja? Jadi, cara selanjutnya, yaitu kamu menulis kembali materi yang sudah dipelajari. Sejumlah pakar menyatakan ketika menulis ulang materi pelajaran, memperkuat sel neuron dalam kuat, jadi ingatan semakin kuat.

Nggak harus sama percis dengan yang ada di buku, tetapi kamu bisa mengembangkan informasi yang sudah dibaca dengan menggunakan bahasa kamu sendiri. Tuangkan seluruh pengetahuan yang sudah kamu miliki ke dalam tulisan. Jadi, jangan lupa untuk menulis, ya! Sebab itu dapat melatih kamu untuk menuangkan gagasan!

 

4. Minta Bantuan Teman

Di cara ini, kamu jangan lupa manfaatkan keberadaan teman kamu ya, hehe. Maksudnya, kamu bisa berbagi hasil bacaan kamu terhadap materi pelajaran yang sudah kamu baca kepada mereka.

Jadikan mereka sebagai pendengar terhadap berbagai informasi yang sudah kamu dapatkan dari hasil membaca. Ajak mereka sesering mungkin untuk menjadi partner kamu dalam menyampaikan informasi-informasi tersebut.

 

5. Buat dan Jawab Pertanyaan

Terakhir, kamu bisa membuat sejumlah daftar pertanyaan terkait materi yang sudah kamu baca. Lalu, pertanyaan-pertanyaan tersebut kamu jawab sesuai pengetahuan kamu. Anggap saja ini sebagai latihan kamu dalam menghadapi berbagai pertanyaan yang akan kamu dapatkan di sekolah.

 

Nah, bagaimana dengan kelima trik di atas? Menarik kan untuk dicoba. Intinya, jangan lupa untuk terus berlatih ya! Agar kamu tetap mengingat materi yang sudah kamu pelajari. Selamat mencoba.

 

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article