5 Hal ini Menandakan Kamu Mahasiswa Ideal

08 Jan 2019

Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA dan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, rasanya udah nggak sabar ya buat jadi maba alias mahasiswa baru, hehehe.

Sebelum kamu benar-benar menjadi mahasiswa di kampus impian kamu, ada baiknya kamu baca informasi di bawah ini agar kamu kelak menjadi mahasiswa yang ideal.

Kira-kira, apa saja sih yang menandakan bahwa mahasiswa disebut sebagai mahasiswa ideal? Simak yuk!

 

1. Memiliki Wawasan yang Luas

Hal pertama yang menandakan bahwa kamu adalah mahasiswa ideal, yaitu kamu memiliki wawasan yang luas terhadap berbagai hal.

Jadi, kamu punya segudang informasi terhadap apa pun yang ada di sekeliling kamu. Apalagi, di saat kamu telah menjadi mahasiswa, kamu sudah harus banyak membaca buku apapun tanpa di suruh.

Baik buku yang berkaitan dengan perkuliahan kamu, novel, buku pengembangan diri, maupun buku yang lainnya yang menjadi kegemaran kamu.

Apalagi, ketika kuliah nanti, kamu telah menyandang predikat “maha”, artinya kamu sudah harus lebih baik di segala sisi dibandingkan sewaktu kamu menjadi siswa di sekolah.

 

2. Rajin dan Disiplin

Meskipun kehidupan di kampus dan sekolah sangat jauh berbeda, tapi hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah perihal kerajinan dan kedisiplinan. Kamu harus rajin masuk ke kelas perkuliahan kamu.

Jangan sampai telat dan jangan sampai tipsen alias titip absen ya! Ini dilarang banget lho. Kamu jangan bolos juga dan harus rajin mengumpulkan tugas kamu sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Kerjakan semuanya sesuai dengan versi terbaik kamu. Itu semua berpengaruh banget sama nilai kamu dan keikutsertaan kamu di UTS maupun UAS nanti. Kalau kamu nggak rajin dan nggak disiplin, bisa-bisa kamu nggak ikut UTS dan UAS. Duhh, jangan sampai deh kayak gitu!

 

3. Berperan Aktif

Sebagai mahasiswa, selain harus aktif di dalam kelas, kamu juga bisa berperan aktif di lain hal. Kamu bisa ikut serta dan terlibat dalam berbagai organisasi yang ada di kampus sesuai dengan minat kamu.

Di berbagai organisasi itu, kamu akan mengembangkan diri kamu ke arah yang lebih baik dan kamu bisa meningkatkan keterampilan yang kamu punya. Dengan mengikuti organisasi, maka kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan bertemu dengan orang-orang baru.

Kamu belajar bersosialisasi dengan baik terhadap siapapun. Selain aktif di kampus, jangan lupa juga untuk berperan di lingkungan masyarakat kamu. Jadi, keberadaan kamu bermanfaat untuk orang-orang di sekitar rumah kamu juga. Gimana nggak keren coba? Sudah aktif di kampus, aktif juga di lingkungan rumah.

 

4. Pintar Membagi Waktu

Berwawasan luas, rajin, disiplin, dan aktif aja ternyata nggak cukup. Sebagai gambaran yang kelak akan memasuki dunia perkuliahan, kamu harus bijak dalam membagi waktu yang kamu punya.

Tuhan memberikan waktu sehari sebanyak 24 jam dan itu harus digunakan sebaik mungkin. Kamu harus tahu kapan kamu harus menghabiskan waktu untuk belajar atau mengerjakan tugas, organisasi, liburan, dan lain-lain.

Jangan menghabiskan waktu hanya nongki-nongki aja. Btw, sama halnya seperti kamu yang mau jadi prioritas, kamu juga harus tahu mana yang harus kamu prioritaskan di antara itu semua.

Jangan sampai kamu tidak bisa membagi waktu dengan cermat ya! Biasakan bersikap adil dengan menempatkan segala sesuatu sesuai dengan porsinya, oke.

 

5. Semua Didasari Karena Ibadah

Selain sibuk dengan kegiatan dunia, kamu juga harus ingat dengan Sang Pencipta. Sebagai makhluk yang ber-Tuhan, kamu harus beribadah sesuai dengan keyakinan kamu masing-masing.

Kamu harus ingat bahwa segala pencapaian yang kamu dapatkan hingga hari ini adalah karena-Nya. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa segala hal yang kamu lakukan harus kamu niatkan tidak lain dan tidak bukan semata-mata karena ibadah kepada Tuhan.

Dengan begitu, sebagai seorang manusia kamu tidak hanya bertanggung jawab terhadap diri kamu, tetapi juga bertanggung jawab kepada Tuhan yang menciptakan kamu.

 

Itu 5 hal yang menandakan kamu mahasiswa ideal yang harus kamu ketahui. Kamu bisa mempersiapkan itu semua dari sekarang sebelum kamu lulus dari bangku sekolah. So, sudah siap jadi mahasiswa ideal? Siap dong ya! hehehe.

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019