ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Apa Bedanya Jurusan Akuntansi dan Manajamen Keuangan?

Published at 14 Nov 2018 16:39

Tau kah kamu, masa depan kita, sudah bisa kita tentukan dari sekarang, bahkan dari kita TK. Inget nggak waktu guru nanya “cita-cita kamu mau jadi apa?” secara nggak langsung, pertanyaan itu sudah menuntut kita untuk menentukan masa depan. Jika kita terus konsisten dengan cita-cita, maka kamu bisa dibilang lulus menentukan masa depanmu sendiri.

Kamu sudah menentukan belum masa depan mu mau jadi apa?, “Mau jadi akuntan kak, biar banyak uang”, Iya banyak uang, uang perusahaan, ya! Eh iya kok banyak uang tenang aja, seorang akuntan termasuk profesi yang terpandang di struktur perusahaan, karena ia harus siap mengurusi segala keuangan di perusahaan tersebut, jadi jangan heran kalau gaji seorang akuntan cukup tinggi.

“eh kak, tapi manajemen keuangan juga keren nih, berarti aku bisa jadi manajer kan?” Hmm.. Tergantung, kalau kerja kamu bagus, mungkin kamu bisa ditarik menjadi manajer. Sebenarnya kamu sudah menjadi seorang manajer kok, karena kamu yang memanage atau mengelola tapi hanya dalam ruang lingkup keuangan, belum dalam ruang lingkup perusahaan.

“Aduh pilih yang mana ya? manajemen keuangan keren bisa atur-atur uang kantor, tapi kalau dapet julukan akuntan juga keren. Aduhh gimana nih kak, apa bedanya sih? Kan sama-sama itung uang” ih jangan labil gitu dong, simak deh apa perbedaan akuntan dan manajemen keuangan biar kamu nggak labil. Yuk simak:

 

1. Pengertian

  • Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklarifikasi, meringkas, mengolah, menyajikan data, transaksi, serta kejadian, yang berhubungan dengan keuangan, sehingga perusahaan dapat dengan mudah untuk mengambil keputusan untuk tujuan selanjutnya.
  • Manajemen keuangan adalah aktivitas memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya, dengan menggunakan seefektif dan seefisien mungkin untuk menghasilkan laba.

 

2. Waktu tempuh belajar di PKN STAN

  • Akuntansi, memiliki 2 waktu tempuh perkuliahan, yaitu D-III dan D-IV. Jangka waktu D-III dalam proses belajar belajar hanya tiga tahun, jika D-IV, empat tahun.
  • Manajemen keuangan, dibagi dengan 3 konsentrasi D-III kebendaharaan negara dengan waktu tempuh tiga tahun proses belajar mengajar, D-III Manajemen Aset, tiga tahun, dan D-I kebendaharaan negara, satu tahun.

 

3. Mata Kuliah

  • Akuntansi, memiliki mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK) yaitu, Pengantar ilmu ekonomi, ekonomi mikro, ekonomi makro, aplikasi komputer, statistika, manajemen, pengantar akuntansi I & II, Lab. Pengantar akuntansi, keuangan publik, pengantar perpajakan, perpajakan I & II, manajemen keuangan.
  • Manajemen keuangan, memiliki mata kuliah MKK, yaitu pengantar ilmu ekonomi, ekonomi mikro, statistika, keuangan publik, pengantar perpajakan, hukum keuangan negra, pengantar pengelolaan keuangan, pengantar akuntasi I & II, manajemen, manajemen keuangan, hukum perusahaan, hukum pertanahan, hukum perdata.

 

4. Ruang Lingkup Kerja

  • Akuntansi, membuat laporan keuangan yang akurat agar telihat berjalan baik atau tidaknya suatu perusahaann. Akuntansi membantu seorang manajer, pemegang saham, kreditur, atau pemilik, untuk mencatat segala aktivitas keuangan setiap harinya, yang disebut dengan pembukuan.
  • Manajemen keuangan, mengelola uang perusahaan dengan mengidentifikasi modal dan pengeluaran dengan melakukan riset lapangan serta informasi. Lalu selanjutnya dibuatkan pembukuan keuangan dari hasil riset tersebut yang akan dijadikan patokan untuk keberlangsungan perusahaan pada waktu yang akan datang.

 

5. Tolak ukur

  • Akuntansi mengukur mengenai penghitungan keuangan saja.
  • Manajemen keuangan, mengukur keuangan, operational, pengukuran fisik proses, supplier, teknologi, kompetitor, dan juga pelanggan.

Itu dia perbedaan antara jurusan akuntansi dan manajemen keuangan, jadi kamu lebih klop yang mana nih? Jangan labil lagi ya! kasian masa depan mu lama menunggu, mending buruan jemput deh.

Sebelum jemput, jangan lupa persiapkan ongkos ilmu dengan belajar di bimbel PKN STAN bersama ENS, Kamu bakal diberikan ilmu-ilmu sama pengajar yang sudah berkompeten dan berpengalaman. Dijamin deh gabakal nyasar! Selamat menjemput masa depan yang cemerlang..

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article