ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Tips Ampuh Menghilangkan Jenuh di Kelas

Published at 17 Dec 2018 15:00

Setelah makan di jam istirahat badan jadi lemas dan mengantuk, dan pas liat jam ternyata pulang sekolah masih 2 jam lagi? Huft, akhirnya jenuh mulai datang melanda. Mau dalam kondisi apapun, rasa jenuh sering kali menyerang dimanapun kita berada.

Nggak terhindarkan juga apabila sedang berada di kelas dan ini mengganggu aktivitas belajar kamu, karena bisa menghilangkan konsentrasi dan membuat belajar jadi nggak efektif.

Jika kamu jenuh dengan suasana kelas karena tinggal menunggu waktu pulang sekolah, mending lakukan 5 hal ini deh:

 

1. Merangkum dengan Stabilo

(image:rimma.co)

Nggak ada salahnya dong mencoret-coret buku pelajaran? Tapi jangan asal coret-coretan ya. Kamu bisa merangkum materi di bukumu dengan stabilo dan pulpen warna-warni. Sedikit variasi kupu-kupu, bunga, dan daun-daunan juga bisa diselipkan di buku pelajar mu, tapi jangan sampai menutupi tulisan yang ada di dalamnya ya!

 

2. Mencatat Materi

(image:rimma.co)

Jika stabilo mu habis untuk menampung imajinasi kamu, sekarang waktunya mencatat. Tenang aja mencatat di sini nggak akan membuat kamu jenuh kok, kita bisa menggunakan teknik mencatat cornell, dengan membagi 3 sisi, menyerupai rak buku.

baca juga: Metode cornell, teknik menulis catatan buat kamu yang sering lupa!

Sisi yang paling besar untuk mencatat catatan kamu, sisi kecil sebelah kiri untuk mencatat kata kunci dan pertanyaan, dan sisi yang paling bawah untuk menyimpulkan materi. Jika kamu produktif seperti ini, percaya deh, jam pulang sekolah akan terasa cepat.

 

3. Menulis Prosa

(image:unsplash.com)

Manfaat jenuh itu untuk menghasilkan karya! Banyak penyair atau sastrawan yang memanfaatkan kejenuhan mereka untuk menghasilkan sebuah karya lewat tulisan, seperti puisi, lirik lagu ataupun cerpen. Kamu juga bisa coba melakukan hal ini setiap jenuh di kelas, kawan. Siapkan buku tulis tersendiri untuk menyurahkan kejenuhanmu, coba tulis dari sekarang. Jika tulisanmu sudah penuh di buku tulismu itu, coba rangkum dan ajukan kepenerbit, mungkin saja kamu adalah sastrawan selanjutnya.

 

4. Membaca Buku

(image:unsplash.com)

Jika poin sebelumnya membawa buku kosong untuk diisi dengan tulisan baru, sekarang waktunya membawa buku bacaan agar kamu dapat pengetahuan baru. Ya, hal ini bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu kosong mu saat nggak ada guru.

Dibanding main HP yang bisa kena sita guru, atau ngegosip siswa sebelah kelas kamu, cuman nambahin dosa, lebih baik gunakan waktu kosong mu untuk menambah kosa kata dan pengetahuan baru dengan membaca buku. Jika buku yang kamu baca pas dengan passion atau diri kamu, dijamin deh kamu bakal lupa waktu.

 

5. Keluar Kelas Sejenak

(image:unsplash.com)

Jika jenuh sudah di ujung tanduk, mungkin kamu butuh udara segar. Kamu bisa izin gurumu untuk pergi ke toilet. Gunakan waktu luangmu itu untuk sedikit stretching (perenggangan otot) dan menghirup udara segar. Oh iya jangan lupa cuci muka dan lewat kelas doi ya biar kamu lebih segar deh pas masuk kelas :D.

 

Itulah 5 Tips menghilangkan jenuh di kelas. Apalagi sekarang sudah waktu-waktu menjelang ujian nasional lho, pasti sekolah kamu bakal membuat jadwal pelajaran tambahan, maka siap-siap deh lakukan 5 tips diatas agar kamu nggak gampang jenuh.

baca juga: Fokus Ujian Nasional atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN?

 

Dan agar kamu lebih siap dalam ujian, tapi capek kalau kudu ketempat bimbel, kamu bisa ikut bimbel online. Kamu bisa belajar online hanya dengan Rp. 7.840,- / Pertemuan, lebih murah dari harga dum-dum kan? Bakal diajari dengan guru yang berkompeten dan berpengalaman lagi, jadi bisa ulik materi pelajaran sambil ulik PKN STAN deh. Mau tau informasinya lebih lanjut, langsung klik bimbel onlinenya di www.ens-stan.com ya. Jadi nggak gampang jenuh deh yeay!!!

 

Penulis : Dewi Shinta N
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article