Mau Tetap Gaul? Walau Sibuk Kuliah? Lakukan 4 Tips Ini!

05 Jan 2019

Sebagai mahasiswa pasti kamu akan mempunyai kesibukan, dari mulai kuliah tentunya, lalu berorganisasi, mengerjakan berbagai macam tugas, dan kesibukan-kesibukan lainnya. Memang nggak ada salahnya, jadi mahasiswa sibuk. Sudah selayaknya jadi mahasiswa, selagi masih muda dan punya banyak kesempatan untuk mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat.

Tapi di antara kesibukan kamu yang segudang itu, kamu nggak boleh melupakan kesibukan sosial kamu lho. Kamu tetap harus punya waktu untuk nongkrong, bergaul, dan have fun walaupun kegiatan wajib kamu sangat padat!

 

1. Gunakan Waktu Makan Siang Untuk Nongkrong Bareng Teman

(image:sitasi.id)

Sesibuk-sibuknya kamu, kamu pasti ada waktu dong untuk makan siang. Nah, pergunakanlah waktu tersebut, walaupun hanya setengah jam, nggak apa-apa. Ini nggak cuman akan memelihara hubungan pertemanan kamu tapi juga menjaga “kesehatan mental” kamu lho. Terlalu serius dan terlalu banyak belajar akan membuat kamu kaku dan mudah tersinggu, kaya orang kurang piknik! Jadikanlah momen ini sebagai quality time dengan teman.

 

2. Coba Sekali-kali Mengerjakan Tugas di Coffee Shop Atau Co-working Space Bareng Teman

(image:blog.vizitrip.com)

Kalau biasanya kamu mengerjakan tugas sendirian di kamar, kamu bisa coba untuk cari suasana belajar yang beda bareng teman. Disela-sela mengerjakan tugas kamu bisa curhat.Tapi jangan sampai kehilangan fokus ya, tugas kamu tetap jadi prioritas untuk selesai dikerjakan, jangan malah keasikan ngobrol!

 

3. Buat Jadwal Khusus Untuk Bersosialisasi

(image:rumahinspirasi.com)

Coba seminggu sekali untuk meluangkan waktu bareng teman-teman untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, pergi nonton bareng, olahraga bareng, atau apapun, yang penting membuat kehidupan sosialmu tetap “hidup”.

Terus perbarui rutinitas mingguan ini, agar kamu dan teman-temanmu nggak bosen melakukan hal yang itu itu aja setiap minggunya.

 

4. Cari Teman yang “Setipe” Denganmu

(image:setipedotcom)

Kalau kamu memang ambisius dan senang menjadi orang yang sibuk. Coba cari lingkungan yang sama ambisiusnya denganmu. Kalau sama-sama sibuk, kamu akan saling memahami dan sama-sama fleksibel.

Misalnya, kamu harus membatalkan janjian ketemu dengan temanmu karena ada rapat organisasi, teman kamu pasti akan memakluminya, begitu pun sebaliknya. Tapi kamu harus tetap punya “jadwal pengganti” untuk “menebus” janji yang kamu batalkan.

 

Inilah 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa bergaul, bersosialisasi dengan teman-teman ditengah kesibukan yang harus kamu jalani.

Kamu harus ingat ya! dalam bersosialisasi, kamu harus bisa fleksibel. Kamu mungkin sibuk tapi teman-teman kamu, nggak sesibuk kamu. Jadi, jadwalnya pasti berbeda. So, be flexible!

Mengalah sedikit juga nggak masalah kan? Dan jangan terus berasumsi, kalau teman-teman kamu akan rela mengikuti jadwal dan kemauan kamu, ya.

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019