7 Dampak Mengerikan dari Menyontek!

07 Dec 2018

Kalau mau ujian persiapan seperti apa yang kamu lakukan? Selain baca-baca materi yang mau diujikan, latihan soal, berselancar di google atau bikin catatan kecil berisi materi lalu dimasukan ke saku untuk contekan,hehe. Semoga kamu nggak gitu ya!

Menurut kamus besar bahasa indonesia menyontek berasal dari kata sontek yang berarti melanggar. Dengan tau ada kata melanggar saja, sudah jelas kalau mencontek perbuatan nggak baik.

Dan ternyata mencontek memberi dampak negatif untuk kamu lho!

 

1. Makin Malas

(image:kapsulkecerdasan.com)

Kalau kamu sudah terbiasa nyontek pasti kamu akan berpikir “udah capek belajar, belum tentu dapet nilai bagus, mending nyontek” tanpa kamu sadari dengan berpikir begitu, kamu akan menjadi malas. Nggak hanya malas belajar tapi kemalasan kamu akan nular ke aktivitas lain dan akhirnya kamu nggak disiplin.

 

2. Nggak Terbiasa Belajar

(image:websitependidikan.com)

Karena terlalu sering mengandalkan contekan, kamu jadi nggak terbiasa belajar lagi. Akibatnya saat kamu harus benar-benar belajar kamu akan kesulitan karena nggak terbiasa belajar.

 

3. Terbiasa Bohong

(image:harjasaputra.com)

Awalnya kamu nggak jujur saat lagi ujian. Tapi lama-lama kamu akan terbiasa bohong untuk hal-hal yang lainnya juga. Karena kamu berpikir kamu bisa berbohong selama ujian dan berhasil. Nah, seterusnya dari situ kamu akan jadi gampang untuk berbohong tanpa merasa berdosa.

Sekali kamu berbong, pasti kamu akan menciptkan kebohong baru untuk menutupi kebohongan yang sudah kamu buat.

 

4. Meragukan Kemampuan Sendiri

(image:grid.id)

Saat terbiasa mencontek, sama saja membuat kamu bergantung pada contekan dan nggak berani ujian tanpa contekan. Akibatnya, kamu jadi meragukan kemampuan kamu, dan jadi merasa nggak  bisa lulus ujian tanpa contekan.

 

5. Kehilangan Kepercayaan Teman-Teman

(image:irfansyahrizqi.blogspot.com)

Kalau di sekolah kamu sudah terkenal jago nyontek, teman-teman kamu akan menganggap kamu jago berbohong juga lho. Karena jangankan membohongi teman, membohongi guru juga kamu jago. Otomatis, teman-temanmu akan meragukanmu juga untuk beberapa hal. Masuk akal ya?

 

6. Nggak Siap Ujian Dadakan

(image:bobo.grid.id)

Kalau ujian terjadwal kamu sudah siap sedia menyiapkan contekan, tapi kalau ujiannya dadakan, bagaimana? Pasti kamu bingung sendiri dan kehilangan kepercayaan diri karena nggak pegang contekan. Kalau kamu rajin belajar, ujian kapanpun kamu pasti akan siap! Iya kan?

 

7. Kamu akan Kaget dengan Persaingan di Kampus

(image:loop.co.id)

Jangan samakan sekolah dengan kampus. Saat di sekolah kamu bebas nyontek tanpa ketahuan. Kalaupun ketahuan, guru akan memaafkan dan nggak akan mengeluarkan kamu dari sekolah.

Tapi di dunia kampus lebih kejam, nggak ada lagi rasa kasihan yang diberikan dosen. Kalau kamu ketahuan nyontek, kamu bakal ‘ditandai’, dapat nilai jelek dan bisa ngulang.

Apalagi kalau kamu pengen jadi mahasiswa di PKN STAN jangan pernah membiasakan diri untuk mencontek karena mencontek merupakan pelanggaran dengan konsekuensi terberat di PKN STAN, yakni Drop Out tanpa ampun dan tanpa kompromi! Serem ya?

 

Kalau sudah tau menyontek ada dampak buruk. Yuk mulai sekarang dihindari, selain melumpuhkan mental juga merugikan kamu di masa depan.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019