ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Ingin sukses Ujian SPMB PKN STAN? lakukan hal ini 24 Jam Sebelum Pelaksanaan Ujian!

Published at 24 Jan 2019 16:12

Kamu udah siapin amunisi untuk mengikuti ujian SPMB PKN STAN, belum? Kalau belum, kamu harus persiapkan diri kamu dari sekarang agar sukses dalam mengerjakan ujian. Tenang aja, masih ada waktu beberapa bulan lagi untuk mematangkan materi-materi SPMB kok, dari materi Ujian tertulis, ataupun ujian kesehatan. Kamu "ulik" dengan mencari tau melalui internet atau ikut bimbel PKN STAN. Banyak cara bukan untuk mematangkan diri?

Setelah kamu matang dengan persiapan sebelumnya, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah persiapan mental menjelang hari H. Biasanya jika sudah mendekati hari H, kamu jadi nge-Blank gara-gara gerogi, lalu apa aja sih yang harus kamu siapkan menjelang hari H agar semua aman terkendali? Penasaran? Teruskan membaca...

 

1. Lihat dan pastikan kembali tanggal dan tempat Ujian kamu.

Sebelum kamu salah jadwal atau salah tempat, pastikan kembali waktu dan tempat pelaksanaan ujian kamu. Lebih baik kamu coba survey lokasi ujian dan posisi duduk kamu. Jangan sampai kamu jadi "buta arah", maksudnya kamu belum tahu dimana dan kapan ujian berlangsung.

Estimasikan juga jam berapa kamu harus menuju lokasi ujian dan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sana, jika kamu datang 30 menit sebelum ujian kan lumayan waktu senggangnya bisa digunakan buat menenangkan diri sejenak dan kamu jadi tidak terburu-buru karena telat.

 

2. Persiapkan barang-barang yang harus dibawa.

Sir Goerge Allen pernah bilang, bahwa “Kemenangan adalah suatu keahlian dalam mempersiapkan segala hal semaksimal mungkin.” Nah, pastikan semua barang yang harus dibawa untuk ujian besok telah dipersiapkan dengan baik ya. Hal-hal yang perlu dibawa seperti Bukti Peserta Ujian (BPU), Kartu Identitas diri, maupun alat-alat tulis harus sudah kamu siapkan sebelumnya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya.

Kan nggak lucu pas ujian sudah siap dimulai, nggak taunya tempat pensil kamu ketinggalan, kamu harus lari-lari dulu ke kantin mencari pulpen, atau "colak-colek" teman sebelah buat pinjam alat-alat tulis, aduh capek deh.. belum lagi kalau kamu nyasar karena belum hafal wilayah tempat ujian, aduh buang-buang waktu banget kan? makanya persiapkan semuanya dari malam ya...

 

3. Jangan begadang hingga larut malam.

“Ingat ya besok ujian, jangan bobo larut malam!” cie nggak ada yang ingetin ya, jomblo ya? disini tidak ada yang namanya saling mengingatkan, tapi harus punya kesadaran diri. Jangan tidur larut malam bahkan untuk belajar sekalipun. Hal itu tentunya tidak akan efektif dan menambah beban pikiran maupun rasa grogi kamu.

Kalau kamu menerapkan SKS alias Sistem Kebut Semalam, siap-siap deh otak kamu jadi panik dan akibatnya konsentrasi kamu menurun, alhasil kamu nggak akan puas dengan hasil ujian kamu nantinya. Apabila ingin tetap belajar, belajarlah hanya sekedar me-review materi yang telah dipelajari. Jangan lupa juga tidur dan buatlah diri kamu senyaman mungkin agar besok pagi dapat bangun dengan kondisi segar dan siap.

 

4. Baca lagi materi yang akan diujikan.

Agar kesiapan kamu maksimal paripurna, coba baca dan latihan lagi soal SPMB PKN STAN sehari sebelum hari H, hal ini merupakan target, sampai mana persiapan mu dan nilai yang akan kamu hasilkan dari ujian besok. Maka dari itu mematangkan materi sebelum hari H sangat kudu, wajib, dan harus ya kawan.

 

5. Apabila tempat tes kamu di luar kota, pastikan kamu sudah berada di kota tempat kamu tes.

Apabila kamu mendapatkan lokasi ujian di luar kota atau jauh dari tempat tinggal, usahakan kamu sudah berada di lokasi ujian dua hari sebelum ujian. Hal ini untuk mengurangi resiko terlambat saat pelaksanaan ujian besok dan ada kesempatan untuk beristirahat juga mengulik jalan menuju ketempat ujian.

 

6. Tenangkan hati kamu dengan banyak berdoa dan ibadah kepada Tuhan.

Semua usaha dalam menghadapi SPMB PKN STAN telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah perbanyak berdoa dan beribadah. Berdoa dan beribadah dapat membuat diri kamu lebih tenang dan siap dalam menghadapi hari esok. Ingat pesan pak Ridwan Kamil ya, kalau "Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Tidak ada keberhasilan tanpa kebersamaan. Tidak ada kemudahan tanpa doa."

 

Nah itu dia 6 Persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mengikuti ujian SPMB PKN STAN. Sebenarnya daripada lama-lama nunggu H-1 Ujian untuk persiapan, mendingan kamu persiapkan dulu dari sekarang. Kamu bisa ikut bimbel PKN STAN terbaik, yaitu disini. Kamu bakal di bimbing dengan pengajar yang berkompeten dan profesional disini, jadi makin siap ikut SPMB PKN STAN deh!

"Bermimpilah Setinggi-tingginya. Namun Sebelum Itu, Kamu Harus Bangun Dulu Dari Mimpi-Mimpimu Untuk Persiapan Ujian." ~anonym

Penulis : Dewi Shinta N
Editor  : Ayu Desra Y

Related Article