ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kamu Calon Maba PKN STAN? Harus Tau 4 Jurus Membangun Conversation yang Seru Sama Teman Baru!

Published at 05 Sep 2019 10:43

Hai Calon Maba PKN STAN!

Pasti kamu nggak sabar banget kan buat kuliah di kampus impian? Punya kampus baru, kebiasaan baru, gebetan baru, dan temen-temen baru. Biasanya, maba masih suka takut nggak bisa dapet temen yang cocok saat di kampus nanti. Mau nyoba ngajak ngobrol duluan tapi takut garing dan mati gaya, bener nggak?

Eits, tenang aja nih… kamu nggak bakalan ngerasain hal tersebut kalau kamu ikutin 4 jurus membangun obrolan yang seru sama teman baru berikut ini!

 

1. Cari Topik yang Berkelanjutan

Jangan pernah menjadi ‘Convo Killer’ alias orang yang suka mematikan percakapan. Contohnya: orang nanya ‘kamu anak jurusan X ya?’ terus jawaban kamu cuma ‘iya’ dan nggak ada feedback ke orang tersebut. Banyak banget nih case kayak gitu. Itu namanya bikin orang bingung dan bikin obrolan kamu jadi berhenti sampai situ aja.

Kalau kamu ada di situasi kayak gitu, kamu bisa kembangin obrolan kamu dengan bertanya balik atau tanya hal-hal yang nggak jauh dari topik tersebut.

 

2. Mulai dengan Pujian atau Bercandaan

Coba deh mulai dengan pujian yang tulus. Inget ya, yang tulus! Jangan dilebih-lebihin. Tunjukin ke calon teman baru kamu kalau kamu orang yang memiliki good attitude Kawan ENS!

Selain itu, kamu juga bisa mulai dengan sebuah jokes yang receh yang kamu yakin banget bisa bikin dia ketawa. Perlu kamu inget juga nih! Ajak bercanda hal-hal yang anget ya bukan yang udah basi, yang ada malah jadi garing kayak kerupuk hehehe.

 

3. Bahas tentang Hobi atau Hal Viral

Ini salah satu jurus yang bisa bikin kamu cepet dapet temen baru! Serius deh! Coba ajak calon teman baru kamu untuk membahas hobi yang kamu sukai atau yang dia sukai, tanpa terkesan mendominasi dong pastinya! Siapa tau kalian mempunyai hobi yang sama kan?

Kamu juga bisa membahas hal-hal yang viral di media sosial nih! Misalnya tentang KKN yang lagi viral itu, atau membahas tentang teori konspirasi yang dipertanyakan semua orang, hehehe.

 

4. Jangan Kaku!

Kalau kamu kaku kayak kanebo kering kamu bakalan susah dapet temen lho! Karena menurut mereka kamu orang yang nggak bisa diajak bergaul dan nggak seru diajak bercanda.

Kamu harus open sama calon teman-teman baru kamu nih. Open dalam artian membuka pintu pertemanan ya! Bukan ngebocorin semua rahasia-rahasia kamu…

Tunjukin ke teman-teman kamu kalau kamu orang yang gampang bergaul dan bikin mereka nyaman. Intinya mah, lemesin aja shay! Jangan kaku-kaku, hehehe.

 

So, langsung aja praktekin ke-4 jurus itu Kawan ENS!

Yang paling penting kamu harus jadi diri sendiri ya! Semoga membantu! 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article