ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Bingung Cara Menghadapi Dosen Killer di Kampus? Cukup Lakukan 5 Hal Ini Aja!

Published at 22 Feb 2019 14:37

Kalau mendengar kata “dosen killer” apa yang ada di benak kamu? Pasti hampir dari seluruh mahasiswa males banget ‘kan ketemu dosen killer?

Biasanya, mahasiswa menganggap kalau ketemu dosen killer itu nightmare banget!

Kalau ketemu dosen killer tuh bawaannya pasti takut dan nggak mood buat datang kuliah, deh! Iya ‘kan? Karena yang ada di pikiran kamu “ya percuma aja datang ke kelas, kalau ujung-ujungnya pasti dapat nilai jelek dan dimarah-marahin mending cabut aja deh” nggak boleh gitu ya!

Nah, mulai sekarang kamu nggak usah khawatir dan takut lagi untuk datang kuliah, kamu cukup lakukan hal-hal di bawah ini untuk meluluhkan hati dosen killer-mu!

 

1. Usahakan Datang Tepat Waktu

 

(image: unsplash.com)

 

Kalau kamu mendapatkan mata kuliah yang dosennya killer abis, kamu harus selalu datang tepat waktu ya! Karena rata-rata dosen killer itu paling nggak suka sama mahasiswa yang datang telat lho!

Biasanya mereka nggak mau memberikan toleransi waktu untuk kamu! Meskipun kamu udah datang, kalau datangnya terlambat, point kehadiranmu nggak akan dihitung! Ngeri, banget ‘kan? Jadi, selalu usahakan datang tepat waktu ya!

 

2. Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

 

(image: unsplash.com)

 

Coba deh kamu kerjain tugas-tugas kamu dan mengumpulkan sesuai dengan tenggat waktunya. Percaya deh, kamu nggak akan mungkin dimarahin kok! Biasanya se-killer killer-nya dosen, pasti senang lho punya mahasiswa yang selalu melakukan sesuatu tepat waktu.

Tapi perlu diingat nih! Meskipun kamu harus mengumpulkan tugas tepat waktu, jangan sampai kamu plagiat dari tugas teman-temanmu ya! Kalau sampai kamu kayak gitu, kamu bakalan keluar dari kandang buaya tapi masuk ke kandang macan! Hehehe.

 

3. Jangan Tidur di Kelas!

 

(image: unsplash.com)

 

Mungkin karena semalam kamu begadang nonton bola atau nonton orkes dangdut, malah bikin kamu ngantuk berat pas jam-jam kuliah.

Meskipun kamu ngantuk banget, jangan sampai kamu tidur di kelas saat dosen kamu lagi mengajar ya! Itu bisa jadi boomerang buat kamu lho! Dosenmu akan merasa nggak dihargai sama kamu, bisa-bisa kamu diusir dari dalam kelas.

Lebih baik kamu izin ke toilet dan cuci muka biar lebih segar ya! Kamu akan lebih aman dan terhindar dari amarah dosenmu!

 

4. Jangan Ngegosip Dalam Kelas!

 

(image: unsplash.com)

 

Mungkin kamu abis nge-stalkin Raisa yang habis lahiran, terus kamu gereget banget mau ngasih tau ke teman-temanmu kalau anaknya lucu banget. Boleh kok! Tapi harus ditahan dulu ya, jangan sampai saat dosen lagi serius menerangkan tentang materi malah ke distract karena suara berisik kamu.

Syukur-syukur kalau kamu hanya di tegur “ssssttt” aja, tapi kalau kamu disuruh menjawab pertanyaan yang kamu nggak paham, bagaimana? Bahaya ‘kan?

 

5. Terapkan 5S

 

(image: unsplash.com)

 

5S disini bukan tipe handphone merek sebelah lho ya! Tapi 5S yang dimaksud adalah (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). Kamu harus menerapkan 5S ini di dalam sehari-hari, nggak hanya ke dosen killer aja ya!

Kalau kamu dikenal ramah oleh orang-orang sekitar, dosen killer-mu juga akan menganggap hal yang sama, jadi peluang kamu untuk dimarahin itu sedikit! Hehehe.

 

 

Sebenarnya dosen killer nggak se-menyeramkan itu kok! Dosen killer juga sama kayak kamu, sama-sama manusia yang punya perasaan, hehehe. Jadi nggak selamanya dosen killer itu suka marah-marah.

Asal kamu baik-baik aja dan nggak suka cari masalah, kamu akan aman! Tetapi, kalaupun kamu dimarahin, harus kamu ingat kalau itu juga yang terbaik untuk kamu, ya!

Semangat! Jangan lupa komen ya!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

 

 

 

 

Related Article