ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Kamu Mesti Tau, Seperti Apa Tes Kesehatan dan Kebugaran di PKN STAN!

Published at 26 Nov 2018 15:39

Seperti yang kamu ketahui ada beberapa tahapan seleksi yang harus kamu lalui untuk bisa jadi mahasiswa PKN STAN. Tahap pertama yang harus kamu lalui yaitu tes tertulis, setelah kamu dinyatakan lulus pada tahap pertama, kamu akan masuk pada tahap kedua yaitu tes kesehatan dan kebugaran.

Dalam tes kesehatan dan kebugaran PBM PKN STAN ini kamu harus melewati serangkaian tes. Yuk disimak!

Baca juga: 7 Tips Ini Bantu Kamu agar Bisa Lulus Tes Kesehatan dan Kebugaran PMB PKN STAN!

 

Tes Kesehatan

1. Mengisi Formulir Kesehatan

Tes kesehatan dimulai jam 07.30. Setelah datang kamu akan diberikan nomor antrian dan diminta untuk mengisi formulir kesehatan oleh panitia penyelenggara. Form pengisian terdiri dari biodata diri dan riwayat kesehatan, kamu harus isi dengan lengkap dan dengan keadaan kesehatan kamu yang sebenarnya ya.

 

2. Cek Kesehatan Umum

Di sini kamu akan dicek berat badan, tinggi badan, tensi darah dan denyut nadi. Berat badan kamu akan dihitung dengan rumus tinggi badan – 110 untuk mengetahui apakah sudah termasuk berat badan ideal atau nggak.

Sebenarnya nggak ada ketentuan untuk memiliki berat badan ideal untuk bisa lolos, asalkan kamu sehat, itu sudah cukup. Tapi berat badan ideal itu bagus untuk kesehatan tubuh kamu, jadi kamu harus mengusahakan berat badanmu ideal agar kesempatan untuk lolos juga jadi lebih besar.

Baca juga: Bagaimana Gambaran Umum Ujian Tertulis Masuk PKN STAN?

 

3. Cek Kesehatan Mata

Kalau mau pernah cek mata di dokter, kira-kira tesnya mirip seperti itu. Mata kamu akan dicek plus/minus/silindernya dan cek buta warna. Dan kalau dokter pemeriksa menuliskan ‘VOD 6/6’ di form kesehatan kamu itu artinya mata kamu normal dan lolos kriteria.

Khusus untuk program studi Bea Cukai, mata yang masih lolos adalah -2, tapi kalau di atas -2 atau kamu buta warna, kamu akan dinyatakan gagal atau tidak lolos. Namun untuk program studi lain selain Bea Cukai, di atas -2 masih diperbolehkan. Dan perlu diketahui, buta warna total nggak bisa untuk masuk STAN.

 

4. Cek Kesehatan Keseluruhan

Setelah kamu lolos cek kesehatan umum dan cek kesehaan mata. Selanjutnya kamu akan masuk cek kesehatan tubuh secara keselurahan, untuk tahapan ini lumayan agak panjang.

Pertama, kamu akan diperiksa bagian THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Telinga kamu akan dicek kebersihannya dan dicek ada luka atau nggak. Hidung kamu dicek ada benjolan (polip) atau nggak. Dan tenggorokan kamu akan dicek mengalami radang kronis, amandel atau nggak.

Kedua, bagian gigi kamu akan diperiksa. Dokter akan memeriksa kesehatan gigi kamu, ada lubang kronis atau nggak. Kalau kamu punya lubang gigi lebih baik kamu periksa dan menambal dulu ya sebelum mengikuti tes. Untuk masalah kerapihan gigi panitia masih bisa menoleransi kok.

Ketiga, pembuluh vena kamu akan diperiksa untuk mengetahui apakah kamu menderita varises atau nggak. Bagi penderita varises yang sudah agak berat mungkin akan mempengaruhi hasil tes.

Keempat, yang akan diperiksa yaitu bagian anus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengtahui kamu menderita ambeyen atau nggak.

Kelima, yang akan diperiksa bagian jantung, paru-paru, perut dan liver. Kamu akan diminta berbaring di ranjang lalu diperiksa deh, simpel kok.

Keenam, ini bagian terakhir yang akan diperiksa adalah refleks sistem syaraf. Pemeriksaannya cuman dengkul kamu akan dipukul-pukul oleh dokter. Pelan kok nggak dipukul beneran sampe bikin sakit hehehe

 

Nah, setelah kamu selesai mengikuti rangkaian tes kesehatan tersebut, kamu akan diminta untuk menunggu di luar. Kalau kamu lolos, kamu akan dipanggil untuk mengikuti rangkaian tes selanjutnya, yaitu Tes Kebugaran.

 

Tes Kebugaran

Nggak sembarangan lho, di tes kebugaran ini kamu harus bener-bener siapin fisik kamu dan capek tentunya.

1. Lari Memutar Lapangan

Tes ini bertujuan untuk mengecek kebugaraan dan daya tahan tubuh kamu. Kamu akan berlari memutari lapangan dengan tempo waktu 12 menit. Di lapangan tersebut akan ada tiang-tiang pembatas yang digunakan untuk mengetahui jarak lari yang kamu tempuh dan mengukur berapa banyak putaran yang kamu dapat selama 12 menit, ini yang akan dijadikan penilaian.

Supaya bisa lolos dalam tes ini, kamu kira-kira harus sanggup berlari sejauh 2 KM dalam waktu 12 menit atau setara dengan 5-8 putaran lapangan.

Khusus untuk program studi Bea Cukai, jarak yang harus kamu tempuh berbeda, kira-kira jarak yang harus kamu tempuh minimal 24 KM, itu berarti kamu harus mencapai 10-12 putaran dalam 12 menit.

 

2. Shuttle Run

Setelah kamu selesai berlari memutari lapangan selama 12 menit. Kamu akan diberi waktu istirahat 10-15 menit. Setelah selesai istirahat kamu langsung melanjutkan tes berikutnya yaitu Shuttle Run, tau nggak Shuttle Run itu apa?

Shuttle Run itu berlari membentuk angka 8. Nanti kamu akan berlari mengitari dua tiang dan membentuk pola angka 8 saat berlari, jaraknya kurang lebih 5-10 meter sebanyak 3 putaran.

Selain kecepatan untuk mengelilingi tiang-tiang tersebut, konsentrasi kamu juga diuji di sini karena kamu dilarang untuk menyentuh. Kalau sampai tersenggol, kamu akan langsung didiskualifikasi. Duh! Menantang banget ya tes ini.

Siap ya untuk menjalani tes kebugaran ini. Jangan langsung berpikir ini ribet! Justru ini harus kamu jadikan motivasi untuk bisa mulai menjalankan pola hidup sehat dari sekarang, dan harus mulia rajin-rajin olahraga juga dari sekarang agar fisik kamu terbiasa.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article