ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kamu Pemarah? Cobalah kuasai 4 Trik Anger Management yang Tepat!

Published at 22 Aug 2019 13:50

Kadang sebagai manusia, kita pasti pernah marah dan emosi. Sebenernya selagi kamu masih punya perasaan, yaa wajar sih marah. Tapi, yang nggak wajar itu kalau kamu sampe nggak bisa nge-handle amarah kamu Kawan ENS!

Kalau kamu nggak bisa nge-handle amarah kamu, bukan cuma ngerugiiin diri kamu tapi juga orang lain lho… Jadi kamu wajib banget buat belajar meng-handle amarah.

*……………………….*

Eh kenapa-kenapa? Kamu nggak ngerti caranya? Tenang… tenang, coba yuk pahami trik Anger Management yang tepat berikut ini…

 

1. Cari Tau Hal Apa yang Sering Kamu Lakuin Saat Marah

Saat kamu dalam keadaan marah, coba deh cari tau hal pertama yang bakalan kamu lakuin. Misalnya, saat kamu marah kamu langsung teriak-teriak ke orang lain atau banting-banting barang. Kamu harus tau hal ini nih Kawan ENS!

Selain itu, kamu juga harus tau penyebab kenapa kamu ngelakuin hal itu. Mungkin bisa jadi karena trauma di masa lalu, atau karena kamu sering ngeliat orang tua atau kerabat kamu ngelakuin hal itu saat marah.

 

2. Lebih Peka Sama Tanda-tanda Munculnya Marah

Biar marah kamu bisa ter-handle dengan baik, kamu harus mulai peka sama tanda-tanda amarah kamu bakal muncul. Amarah nggak mungkin muncul tiba-tiba kan? Pasti bisa dideteksi sama diri kamu sendiri.

Misalnya, kalau muka kamu udah merah, jantung kamu berdetak lebih cepat, dan tangan kamu udah mengepal, itu tandanya kamu udahh siap-siap meledak… bukan jatuh cinta ya! hehehe. Nah, kalau itu udah kejadian sama kamu, kamu pasti udah bisa langsung mengantisipasi untuk mengendalikan amarah kamu.

 

3. Cari Cara untuk Meredam Amarah Kamu

Ada banyak cara untuk meredam amarah kok. Tapi pasti kamu udah punya cara tersendiri kan buat meredam amarah kamu? Mungkin dengan menarik nafas dalam-dalam, atau langsung pergi ke suatu tempat yang tenang.

Hal itu bisa bikin kamu mendinginkan emosi kamu lho! Jadi kamu nggak bakal meledak-ledak nggak karuan deh…

 

4. Lampiaskan Marah Kamu ke Hal-hal yang Lebih Positif

Mungkin sebelumnya kalau kamu marah kamu suka ngebanting-banting barang atau menonjok tembok. Nah, mulai sekarang coba deh lampiasin amarah kamu ke hal-hal yang lebih positif. Misalnya, kamu lampiasin dengan ngelakuin hobi yang kamu suka… kayak ngelukis, olahraga, bikin lagu, dan lain-lain. Jadiin marah kamu menjadi sesuatu yang bermanfaat ya!

 

Nah, itulah 4 trik tepat untuk Anger Management kamu Kawan ENS! Kamu bisa sering-sering terapin ya! hehehe.

Jangan lupa untuk share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor : Dede Nursalam 

 

Related Article