ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Kuasai 4 Kemampuan Interpersonal Ini, Agar Mudah Bersosialisasi di Kampus!

Published at 11 Dec 2018 15:00

Calon MaBa (Mahasiswa Baru) sudah siap menghadapi “babak baru” di hidup kamu? Sudah siap untuk berada di lingkungan kampus? Ya, harus dong!

Tentunya di lingkungan baru nanti kamu harus mampu untuk bersosialisasi dengan baik, karena harus kamu ketahui (atau mungkin kamu sudah tau) kalau lingkungan kampus adalah lingkungan yang lebih luas dibandingkan lingkungan sekolah. Di kampus, kamu akan banyak berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang dengan berbagai macam latar belakang.

Tapi sayangnya, nggak semua maba mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan baru. Dengan berbagai macam alasan tentunya, ada yang masih malu-malu, menyalahkan kepribadian yang memang sulit untuk berinteraksi dengan orang-orang baru, atau culture shock.

Karena itu dibutuhkan social skills yang mesti kamu kuasai untuk dapat bersosialisasi dengan baik di lingkungan baru kamu. Apa saja yang harus kamu kuasai?

 

1. Sadar Pada Sikapmu Sendiri

Untuk dapat bersosialisasi dengan baik, hal terpenting untuk kamu kuasai adalah dirimu sendiri. Kamu harus paham dengan sikapmu dan mampu menempatkan diri di situasi dan kondisi apapun.

Kamu harus sangat sadar, kalau kamu punya kontrol penuh dalam setiap ucapan dan tindakanmu ketika bersosialisasi dengan orang lain.

Cara sederhananya adalah kamu harus bisa menciptakan aura positif dengan memperhatikan intonasi suara dan gestur tubuh saat berinteraksi dengan orang lain. Kedua hal ini akan mempengaruhi kesan seseorang saat kamu berbicara dengan orang lain lho. Karena membuat seseorang tertarik untuk bersosialisasi dengan kamu.

 

2. Menunjukkan Rasa Hormat (respect)

Kamu mesti bisa menghargai orang-orang di sekitar tanpa membeda-bedakan latar belakang. Lingkungan akan menilai seperti apa karaktermu. Pernah dengar kan kutipan ini “perlakukanlah orang sebagaimana kamu ingin diperlakukan”? Nah, sama halnya dengan sikap saling menghormati ini. Hormati orang lain terlebih dahulu sebelum kamu pantas untuk dihormati oleh orang lain.

 

3. Kooperatif Dalam Berbagai Kesempatan

Sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat, setiap orang itu memiliki perannya masing-masing lho, termasuk kamu. Apa lagi sebagai anak kuliahan yang akan sering bersosialisasi di area kampus, you have to play your role. Kamu nggak boleh pasif, apalagi memperlihatkan sikap yang nggak peduli atau nggak ada ketertarikan sama sekali, setiap kali diberikan kesempatan untuk terlibat dalam suatu hal.

Justru kamu harus menunjukan sikap kooperatif dan keterbukaan kamu, karena itu akan membentuk image kalau kamu adalah orang yang sangat mudah didekati, orang yang ramah. Jadi, itu akan membuka pintu interaksi yang sangat lebar.

 

4. Peka!

Nggak peka akan menyulitkan kamu untuk menjalani proses sosialisasi. Kalau kamu terlalu cuek dan menutup diri dari lingkunganmu, itu sama saja kamu menciptakan “tembok” pembatas antara kamu dan lingkunganmu.

Don’t be ignorant! Ayo, buka mata, buka hati dan buka telinga kamu dengan apapun yang terjadi di sekitar. Empati alias kemampuan untuk memahami perasaan orang lain sangatlah penting untuk menjadi sosok yang mudah bergaul ketika kamu berusaha menempatkan diri di dalam lingkunganmu, especially di lingkungan baru.

 

Nah, gimana nih menurut kamu perlu atau nggak untuk menguasai kemampuan interpersonal?

Kamu perlu untuk menguasai kemampuan interpersonal ini, agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan siapapun di kampus. Nggak hanya di kampus, nanti ketika di lingkungan kerja pun kamu butuh kemampuan interpersonal ini lho!



Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article