ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kurang Percaya Diri? 6 Kegiatan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Membangun Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Published at 22 Jan 2019 15:10

Konon, sikap percaya diri adalah bawaan lahir. Beberapa orang berpendapat kalau sikap percaya diri bisa diciptakan hanya dengan sugesti. Gimana? Menurut kamu itu benar atau salah?

Ternyata, anggapan itu SALAH lho. Karena sebenarnya rasa percaya diri itu seperti skill yang bisa dibangun dan diperbaiki. “terus, gimana caranya supaya bisa jadi lebih percaya diri?” kalau pertanyaan itu terlintas dipikiran kamu, itu artinya kamu (mungkin) mengalami krisis pede alias kurang percaya diri nih, guys.

Nggak cuma kamu kok, krisis pede emang sudah cukup mewabah di kalangan anak muda saat ini. Nah, kalau kamu ingin mendorong rasa percaya diri kamu, kamu bisa memulainya dengan cara ini :

 

1. Ketahui dan gunakan kekuatan kamu

(image:iyakan.com)

Kamu harus mencari tahu, kelebihan kamu dan praktekkan!

Kelebihan kamu adalah kekuatan kamu!

Misalnya, kamu seorang introvert, kamu jago mengerjakan tugas individu tapi payah dalam kerja tim. Nah, jangan langsung berkecil hati karena kamu nggak bisa berperan aktif dalam kerja tim.

Ingat! Untuk tugas lain yang bersifat individu kamu dapat menyelesaikannya dengan sangat baik dan bahkan nyaris sempurna. Jadi, kamu fokuskan pikiran pada keberhasilan kamu, agar tambah percaya diri!

 

2. Buat achievement harian

(image:lemigliorifoto.eu)

Mulailah membuat to do list setiap harinya. Buat to do list yang realistis, nggak cuma asal-asalan to do list aja ya. Karena, setiap kamu sukses menyelesaikan salah satu hal dari to do list kamu, percaya deh you will feel good dan akan lebih merasa percaya diri.

 

3. Berani ngobrol dengan orang asing

(image:idntimes.com)

Coba deh mulai sekarang kamu biasakan ngobrol basa-basi dengan berbagai macam orang yang nggak kamu kenal. Selain bisa mendorong rasa percaya diri kamu, hal tersebut juga bisa membuat kamu terkesan friendly.

Misalnya, kalau kamu ke supermarket, coba ajak kasirnya ngobrol ketika kamu lagi bayar belanjaan. Nggak perlu ngobrol yang terlalu personal biar nggak terkesan SKSD (sok kenal, sok deket) gitu. Yang ada kasirnya malah jadi ilfeel kalau kamu begitu.

Contohnya, "tanyain lagi ada promo apa?" Atau, "ada produk yang diskon nggak?" Sesimpel itu kok, tapi itu akan melatih kamu untuk nggak gugup atau minder terhadap orang baru.

 

4. Perhatikan bahasa tubuh

(image:viva.co.id)

Selalu jaga postur tubuh kamu agar selalu baik, senyum, jaga eye contact, dan atur tempo dan intonasi ketika berbicara. Rasa percaya diri bisa tercipta dari sikap lho. Kamu boleh banget untuk ‘fake it you make it!’ istilahnya. Sok-sok-an aja percaya diri dengan gestur tubuh dulu, nanti juga lama-lama mental kamu ikutan percaya diri.

 

5. Tantang dirimu sendiri

(image:Tribunnews.com)

Kamu harus coba untuk berpartisipasi dalam kegiatan outdoor yang ‘menantang’, seperti hiking, survival camping atau panjat tebing, atau kegiatan apa pun deh yang kamu suka, yang cukup ‘menantang’. Kenapa harus begitu? Karena kalau kamu berani untuk keluar dari comfort zone untuk menyelesaikan tantangan sulit, rasa pede kamu akan sangat terdorong.

 

6. Nggak usah banyak mikir!

(image:seda.colleg)

Maksudnya, coba sekali-kali untuk langsung berkata IYA, kalau ada ajakan datang ke suatu acara, party, atau reuni. Mungkin kamu akan cari-cari alasan untuk nggak menghadiri acara yang kamu anggap ‘asing’, apa lagi kalau kamu tipe penyendiri atau nggak suka keramaian, atau takut di sana nggak ada yang kenal, nggak ada temen deket yang ikut, atau takut ketemu mantan? Hmm, nggak usah banyak mikir deh.

Coba sekali-kali spontan untuk datang, hitung-hitung belajar buat melatih rasa percaya diri kamu. Semakin kamu terlatih menghadapi situasi tak teduga, rasa percaya diri kamu akan semakin tinggi dan kamu akan selalu siap!

Percaya deh, nggak ada sikap atau kebiasaan yang akan tercipta dengan instan. Harus didorong dan dilatih setiap hari, pelan-pelan aja yang penting pasti, dimulai dari lamgkah-langkah (yang mungkin) sederhana, sampi lama-lama kamu menguasainya. Termasuk rasa percaya diri!

"Orang-orang menjadi begitu luar biasa ketika mereka mulai berpikir bahwa mereka bisa melakukan sesuatu. Saat mereka percaya pada diri mereka sendiri, mereka memiliki rahasia kesuksesan yang pertama." ~Norman Vincent Peale~

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Ayu Desra Y

Related Article