ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 HAL YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK KAMU PARA “NIGHT OWLS”

Published at 20 Nov 2020 16:37

Halo, Kawan ENS!

Kamu pernah denger istilah dari “Night Owls” nggak sih?

Untuk orang yang belum paham istilah dari “Night Owls” pasti kata tersebut dianggap “burung hantu di malam hari”. Padahal bukan itu gengs artinya!

“Terus artinya apa tuh Min?”

“Night Owls” merupakan sebutan untuk orang yang seringnya aktif di malam hari alias tukang begadang, sedangkan kalau aktif di siang hari ini sebutannya “Early Bird”. Kata “Night Owls” dicocoklogiin karena burung hantu merupakan hewan yang aktif di malam hari atau hewan nocturnal.

Sebenernya aktif di malam hari itu ya sah-sah aja sih, asalkan semua kebutuhan kamu tercukupi, dari segi waktu tidur, waktu santai, waktu istirahat, waktu makan, dan lain-lain.

Nah, kalau kamu merupakan seorang “Night Owls” yang selalu aktif di malam hari, Minens kasih tau nih hal-hal yang harus kamu lakukan biar waktu tidur dan kebutuhan kamu tercukupi semua. Check point-point berikut ini ya!

 

1. Istirahat yang Cukup

Sebenernya istirahat yang cukup nggak cuma berlaku untuk para “Night Owls” aja sih, tapi berlaku untuk para “Early Bird” juga. Tapi berhubung kita lagi bahas “Night Owls” istirahat yang cukup itu penting banget. Kebutuhan waktu tidur seseorang itu berbeda-beda ya, ditentukan dari umur mereka masing-masing. Untuk umur 14-17 tahun, waktu yang kamu butuhkan sekitar 8-10 jam. Sedangkan untuk umur 18-25 tahun, kamu butuh waktu tidur sekitar 7-9 per hari. Tapi pada umumnya waktu tidur seseorang itu sekitar 8 jam per hari ya!

Kalau kebutuhan waktu tidur kamu nggak tercukupi, alhasil mood kamu jadi jelek dan kamu bisa berubah menjadi hewan buas seketika (bercanda zeyeng).  

 

2. Biasakan Tidur Siang

“Night Owls” memang terbiasa produktif di malam hari. Tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau mereka bakalan merasakan ngantuk. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengakalinya dengan membiasakan tidur siang selama 30 menit-1 jam nih! Tidur siang itu bisa me-recovery otak kamu dari hal-hal yang bikin mumet. Tapi… jangan sampe kebablasan ya! hehehe.

 

3. Buat Rangkuman/Catatan

Untuk para “Night Owls”, kalau kamu terbiasa belajar di malam hari kamu bisa buat rangkuman atau catatan belajar kamu di siang hari. Walaupun kamu udah terbiasa melakukan banyak hal di malam hari, seenggaknya membuat catatan/rangkuman bisa mengurangi beban pikiran kamu karena materi yang sulit dipelajari.

 

4. Bersantailah di Siang Hari

Bersantai di siang hari ini bukan berarti kamu bisa leyeh-leyeh nothing to do ya! Kamu bisa bersantai dengan membaca sekilas materi yang harus kamu pelajari, atau bisa menyicil tugas yang mampu kamu kerjakan. Meskipun kamu “Night Owls”, kamu nggak mau dong kekurangan waktu di malam hari pas lagi ngerjain/mempelajari sesuatu. Kalau waktunya kurang, Minens yakin kamu nggak mau tugas yang kamu kerjain ada yang ke-skip.

 

5. Stay Focus di Malam Hari

Nah, ini nih tantangannya! Kalau kamu mau skor kamu selalu bagus, kamu harus selalu fokus pas kamu lagi belajar. Jauhkan gadget-gadget atau sesuatu yang bisa men-distract fokus kamu. Semakin kamu terdistraksi, waktu belajar kamu semakin berkurang lho!

So, itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk para “Night Owls”! Kira-kira, kamu tipikal “Night Owls” atau “Early Bird” nih? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article