ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lakukan ke-5 Hal Ini dan Say Goodbye Untuk Penyakit Julid!

Published at 08 Aug 2019 17:59

Kamu pernah denger istilah julid? Pasti pernah dong… banyak anak-anak jaman now yang sering banget ngelontarin kata-kata ini. Julid itu diambil dari bahasa sunda yang artinya penyakit hati alias iri dengki. Bahaya banget ya?

Penyakit hati kayak gini harus cepet-cepet dibasmi lho Kawan ENS! Nggak boleh dipelihara apalagi diternakin, hehehe. Kalau kamu punya penyakit julid kayak begini pasti kamu bawaannya nggak seneng aja deh ngeliat orang lain seneng. Pasti apa yang orang lain lakuin selalu salah, ada aja hal-hal sepele yang bakalan kamu julid-in.

Tapi kalau kamu udah terlanjur menjadi orang yang julid, masih ada cara kok buat berubah. Yuk basmi penyakit julid dengan ke-5 hal berikut ini ya!

 

1. Bikin Diri Kamu Jadi Sibuk

Daripada kamu nyibukin diri buat mikirin orang lain, mendingan kamu cari kesibukan yang positif Kawan ENS! Biasanya orang-orang yang suka julid itu orang yang nggak ada kerjaan alias gabut, mereka nggak punya kesibukan apa-apa selain ngurusin hidup orang lain. Bener-bener nggak ada faedahnya deh serius… daripada kamu masih kayak gitu mendingan kamu sibukin diri ngelakuin hal-hal yang positif, misalnya ternak lele gitu kan lumayan, hehehe.

 

2. Batasi Penggunaan Medsos

Ini penting untuk dilakuin kalau kamu nggak mau jadi julid-ers lagi. Batasi diri kamu dalam menggunakan media sosial. Semakin sering kamu mainan media sosial, semakin gatel tangan kamu atau mulut kamu untuk ngomentarin hidup orang lain. Nggak usah meng-uninstall medsos kamu kok! Kamu cukup membatasi pemakaiannya aja…

 

3. Banyak-banyak Bersyukur

Bersyukur adalah obat dari segala penyakit hati. Coba deh kamu belajar mensyukuri hal-hal yang udah terjadi di hidup kamu, mau itu hal yang kecil maupun hal yang besar. Hilangin rasa gengsi kamu juga ya… rasa gengsi kadang bisa menjadi penghambat kamu untuk bersyukur lho Kawan ENS! Inget ya, rumput tetangga emang sering keliatan lebih hijau, tapi kamu juga bisa kok bikin rumput kamu terlihat lebih hijau dengan cara kamu sendiri, hehehe.

 

4. Fokus Pada Diri Kamu Sendiri

Dibanding fokus dengan kehidupan orang lain, mendingan kamu fokus pada diri kamu sendiri deh! Kamu bisa fokus meng-upgrade diri kamu biar menjadi lebih baik lagi. Tinggalin hal-hal negatif yang ada di diri kamu dan ganti dengan hal yang positif. Kamu juga mau terlihat unggul di mata orang lain kan?

 

5. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Penyakit julid di dalam diri kamu itu bisa jadi karena kamu sering membanding-bandingkan hidup kamu dengan orang lain. Kamu nggak terima kalau orang lain lebih unggul dibanding kamu. Alhasil kamu malah sibuk mikirin kekurangan kamu tanpa mau berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Mending stop dari sekarang deh Kawan ENS! Membanding-bandingkan diri kamu dengan orang lain itu bukan jadi solusi lho…

 

Nah, itulah ke-5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan penyakit julid, hehehe. So, jangan menjadi julid-ers lagi ya Kawan ENS! Yuk, ciptakan versi terbaik diri kamu mulai dari sekarang… semoga membantu!šŸ˜Š

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article