ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

LIMA PETUAH HIDUP YANG WAJIB DIKETAHUI REMAJA SEBELUM BERANJAK DEWASA

Published at 24 Oct 2018 16:29

Berbagai masalah yang dialami kalangan remaja tentu gak seberapa jika dibandingkan dengan lika-liku kehidupan orang dewasa. Buat kamu yang masih menginjak usia remaja, ada baiknya jika kamu sudah membekali diri untuk menyongsong dunia yang jauh berbeda setelah beranjak dewasa.

Jadi remaja itu memang seru dan menyenangkan. Nongkrong bareng temen, punya banyak gebetan, dan main online game berjam-jam, jadi kegiatan yang umum dilakukan kaum remaja. Tapi seiring bertambahnya usia, kehidupan remaja kalian akhirnya bakal jadi kenangan semata. Suatu hari kalian akan jadi orang dewasa dan menjalani kehidupan yang “sebenarnya”.

Sebisa mungkin jangan terlalu terlena dengan keseruan masa-masa remaja kalian. Mulai sekarang coba perhatikan dan terapkan 5 petuah ini untuk bekal kalian di masa depan.

 

1. Belajar Mengurus Diri Sendiri Itu Penting dan Sangat Berguna di Kemudian Hari

Bagaimana caranya mengurus dan mengatur orang lain jika kamu tak bisa mengurus diri sendiri? Makannya, belajar mengurus diri semenjak dini itu penting banget buat bekal di masa depan. Orang yang pandai mengurus diri kelak akan jadi pribadi yang percaya diri dan bisa diandalkan.

Coba mulai dari hal-hal kecil seperti menjaga kesehatan tubuh, merawat penampilan, mengatur jadwal kegiatan, dan berpikir positif dalam menjalani keseharian.

 

2. Ambil Peluang yang Ada di Depan Mata

Jadilah remaja yang aktif ketika melihat peluang. Bukan remaja yang membatasi potensi diri dengan hal-hal yang gak berfaedah.

Kamu bisa cari kegiatan bermanfaat di sekitar kalian seperti mengikuti kerja bakti, jadi nggota klub musik di sekolah, ikut dalam kegiatan OSIS, atau mengunjungi pameran seni di kota setempat. Selain bikin wawasan lebih luas, dengan begitu kalian juga akan semakin mudah untuk menentukan sesuatu yang ingin kalian lakukan selanjutnya.

 

3. Jadi Remaja Keren Itu Percuma Saja

Jadi anak beken satu sekolah itu bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan. Apalagi kalau kepopuleran yang didapat cuma karena tampang dan cara bergaya saja. Kalian perlu tahu, jadi diri sendiri itu lebih berguna ketimbang harus beradu ketenaran di sekolah.

Bisa jadi kerupawanan cewek atau cowok primadona sekolah bakal sirna setelah mereka dewasa. Di saat itu, anak yang tadinya culun di sekolahmu malah jadi idola dan lebih sukses dibanding anak populer zaman sekolah.

 

4. Seiring Waktu, Orang-orang di Sekitarmu Akan Digantikan dengan Orang Baru

Tak hanya waktu saja yang berganti. Orang-orang terdekat kalian kelak juga akan pergi satu per satu, menjalani kehidupannya masing-masing. Tak terkecuali si pujaan hati dan sahabat dekat. Kamu harus siap menghadapi itu semua.

Di masa depan kalian akan menjalani kehidupan dan perilaku yang baru. Kamu juga bakal dipertemukan dengan orang-orang yang baru pula.

Ingat, orang-orang datang dan pergi di kehidupan kita, tapi hidup harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

 

5. Kegagalan Adalah Hal Terbaik yang Terjadi di Kehidupan Remaja

Kegagalan memang bisa jadi sesuatu yang memalukan dalam hidup. Tapi untungnya, kalian bisa belajar banyak dari kesalahan yang telah terjadi. Lebih baik jadi remaja yang mencoba tapi membuat kesalahan daripada orang dewasa yang gagal.

Sebagai kaum remaja, sangat penting untuk belajar sebanyak yang kalian bisa dari setiap kegagalan. Kamu juga mesti belajar bagaimana cara mengubah kegagalan jadi kekuatan agar tetap semangat dan optimis.

Sekarang kamu sudah tahu lima hal yang mesti diperhatikan sebelum kalian beranjak dewasa. Jadi, seberapa jauh persiapan kamu menghadapi masa dewasa yang konon katanya, tak menyenangkan seperti masa-masa remaja?

 

Sumber:

Loop.co.id

Related Article