ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Masuk Sekolah setelah Liburan? 5 Tips ini Bikin Kamu Tetap Semangat

Published at 01 Jan 2019 15:00

Liburan telah usai, saatnya kembali menjalankan aktivitas masing-masing, hehehe. Jangan murung gitu dong, kan kemarin kamu sudah liburan, ‘kan?

Nah, sekarang waktunya kamu kembali untuk menjalankan aktivitas sebagai seorang pelajar. Kamu pasti senang dengan waktu liburan kamu yang telah kamu jalankan kemarin.

Kayaknya, cukup ya untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh kamu. Jadi, sekarang kamu sudah punya banyak amunisi semangat pastinya, ‘kan? Apalagi semangat untuk menghadapi semester baru ini.

Nggak mudah memang untuk kembali beradaptasi ke sekolah setelah liburan panjang. Akan tetapi, itu bukan alasan kamu untuk nggak semangat beraktivitas lho ya!

Nah, berikut ini 6 tips yang bisa kamu lakukan agar tetap bersemangat masuk ke sekolah meskipun waktu liburanmu telah usai.

 

1. Siapkan perlengkapan belajar

(image:polka.id)

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menyiapkan perlengkapan belajar kamu. Ibaratnya kamu akan memasuki medan perang, maka kamu akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Begitupun dengan sekolah, kamu harus mempersiapkan seluruh alat belajar kamu dengan sebaik mungkin. Kamu harus kembali memeriksa apa-apa saja yang sekiranya harus dilengkapi, misalnya pulpen, pensil penghapus, penggaris, dan sebagainya.

Persiapkan perlengkapan belajar tersebut minimal satu hari menjelang kamu masuk sekolah. Dijamin ini jadi salah satu tips yang buat kamu semakin semangat untuk belajar dan bersekolah.

 

2. Ingat Target

(image:maxmanroe.com)

Liburan bukan berarti kamu melupakan apa-apa saja yang menjadi kewajiban. Setelah liburan tersebut, kamu harus kembali ingat terhadap target apa yang harus kamu capai di semester sekarang.

Tentunya, kamu harus lebih baik dari sebelumnya. Buatlah target sederhana yang membuat diri kamu yakin mencapainya.

Jadikan segala kekurangan kamu di masa lampau yang menjadi penuntun kamu untuk mewujudkan segala kelebihan yang kamu punya di masa sekarang.

 

3. Selalu Bangun Pagi

(image:globalestetik.com)

Jika pada saat liburan kamu selalu bangun siang karena nggak ada agenda yang mengharuskan kamu datang ke sekolah, kayaknya sekarang hal itu sudah nggak boleh kamu terapkan ya!

Mulai sekarang, kamu harus membiasakan diri untuk tetap bangun pagi. Siapkan seragam sekolah kamu, perlengkapan kamu, dan sebagainya. Kalau kamu sudah terbiasa bangun pagi, semuanya jadi enak untuk kamu lakukan.

Dengan kamu bangun pagi, kamu terbiasa untuk mengatur jadwal kamu sendiri dengan baik. Lagi pula, banyak orang-orang yang memang sudah membuktikan bahwa dengan bangun lebih pagi, tubuh akan lebih bersemangat untuk beraktivitas ditambah udara pagi yang masih segar dan belum bercampur dengan banyak polusi. Intinya, kamu jangan malas bangun pagi!

 

4. Datang ke Sekolah Lebih Awal

(image:majalahouch.com)

Hari Senin merupakan hari yang sibuk. Bener dong? Hari Senin adalah hari di mana kamu dan mereka yang juga punya kewajiban lain saatnya kembali ke aktvitas masing-masing.

Makanya nggak heran kalau pagi-pagi sudah macet, banyak kendaraan di sana-sini. Nggak mau kan kamu terlambat ke sekolah? Nggak mau kan kamu bermacet-macetan di jalan? Nggak mau kan mood kamu jadi jelek, padahal kamu udah nggak sabar sampai ke sekolah?

Nah, jawabannya adalah datang ke sekolah lebih awal. Kamu harus datang lebih awal agar kamu terhindar dari macet dan tentunya kamu tetap menjaga semangat kamu dalam rangka menuntut ilmu.

 

5. Tanamkan pemahaman bahwa hari pertama pasti belajar

(image:harryrahmawan.net)

Hayo, kebanyakan dari kamu pasti berpikir bahwa hari pertama masuk sekolah itu nggak belajar, ‘kan? Terkadang pikiran yang demikian pada akhirnya membuat kamu jadi malas untuk datang ke sekolah.

Duh, buang jauh-jauh mindset kamu yang kayak gitu ya! Dengan kamu berpikir begitu tandanya kamu nggak mau maju dan berkembang. Mulai sekarang, atur pola pikir kamu bahwa kamu pasti menerima proses belajar di hari pertama masuk sekolah agar kamu tetap semangat dan terus berpikir positif.

 

Oke, jadi sekarang kamu harus semangat datang ke sekolah ya.  Lakukan 5 hal ini dan tetap semangat melanjutkan aktivitas sebagaimana hari-hari biasanya. You can do it!

 

Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article