ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Mau Masuk PKN STAN? 4 Nasihat Ini Nggak Boleh Diabaikan!

Published at 19 Oct 2018 16:32

PKN STAN atau Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah perguruan tinggi yang banyak jadi incaran oleh seluruh siswa yang ada di Indonesia.

Perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan Kementrian Keuangan ini menjadi salah satu yang diidam-idamkan oleh siswa kelas 12, lantaran setelah lulus jenjang karier aman dan gaji besar, nggak heran jadi rebutan seluruh calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Salah satu seleksi yang paling ketat dan paling sengit adalah seleksi SPMB PKN-STAN (Seleksi Masuk Mahasiswa Baru) karena selain banyak peminatnya, juga siswa-siswa yang sudah mempersiapkan yang terbaik yang berasal dari berbagai daerah indonesia karena itulah persaingan akan ketat dan sengit banget!

Baca juga: Bimbel itu gak penting, Kecuali Kamu...

 

1. Persiapkan Fisik dan Mental

Ini paling penting banget kamu persiapkan buat bisa lulus masuk STAN. Dalam SPMB PKN STAN, ada tiga tahap ujian. Ujian tertulis, Tes Kesehatan Fisik, Wwancara dan tes kemampuan dasar.

Tes wawancara atau interview bertujuan untuk mengetahui pola pikir calon mahasiswa. Tes tertulis berbentuk pilihan ganda, berisi tes potensial akademik dan bahasa inggris.

Tiga tahap pengujian memiliki bobot yang sama. Tapi kamu harus memberi perhatian khusus pada tes tertulis karena dilaksanakan secara kolektif jadi berpotensi menyingkirkan banyak pesaing kamu pada tahap ini.

Nggak terkecuali, semua tes harus kamu jalankan dengan sebaik-baiknya.

 

2. Pertimbangkan Jurusan yang Mau Kamu Ambil

Buat bisa masuk STAN kamu perlu mempertimbangkan dengan baik jurusan mana yang mau kamu pilih. Kalau kamu memilih jurusan favorit di STAN berarti kamu juga harus siap bersaing lebih ketat.

baca juga: Jangan Salah Pilih Jurusan! Ini Dia Tips Memilih Jurusan PKN STAN yang Tepat

 

Jurusan yang menjadi primadona di STAN dari tahun ke tahun adalah jurusan perpajakan karena menerima mahasiswa dengan kuota terbesar di kampus ini. Sistemnya, kalau kamu nggak diterima di jurusan pertama, maka kamu akan dialihkan ke jurusan kedua, dan begitu seterusnya.

Tapi setiap jurusan bakal memprioritaskan calon mahasiswa yang memilih jurusan tersebut sebagai pilihan pertama. Jadi, penting banget! Buat kamu mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh jurusan yang mau kamu pilih.

 

3. D1 atau D3?

Selain penting mempertimbangkan jurusan, memilih D1 atau D3 juga nggak kalah penting. Pemilihan ini perlu kamu sesuaikan dengan diri kamu ya. Sesuaikan dengan kemampuan kamu.

Kalau kamu yakin dengan kemampuan kamu, boleh ambil jurusan D3 tapi kalau kamu nggak yakin kamu bisa mempertimbangkan buat pilih D1 aja. Karena pemilihan D3 atau D1 ini menekankan kamu buat mengenali bakat dan minat kamu sebelum menempuh SPMB PKN STAN. Dan tentunya juga harus mempersiapkan sebaik mungkin kemampuan akademis kamu.

 

4. Persiapkan dengan Matang

Untuk menjamin kamu seberapa baik dalam mengerjakan tes, penting buat kamu melakukan persiapan yang matang. Kamu bisa mulai dengan membuat program belajar, atau kamu bisa ikut bimbel di ENS-STAN karena bimbingan belajar yang terfokus pada SPMB PKN STAN.

Penting buat kamu belajar dari soal-soal terdahulu, juga mengikuti arahan dari pengajar, biar punya gambaran “oh bakal kaya gini nih nanti”.

Hal yang paling penting diperhatikan adahal rasio kelulusan, setiap tahun pendaftar di STAN itu semakin meningkat. Jadi semakin banyak peserta yang mendaftar dan mengikuti tes, maka rasio kelulusan akan semakin kecil.

Empat nasihat ini memang sederhana, namun patut kamu lakukan agar tak terjadi pengulangan di tahun depan. kan sayang banget. semua pihak eksternal itu hanya membantu, tinggal kamunya sendiri mau berjuang atau nggak?

Siap berjuang masuk STAN?

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article