Mumpung Masih Muda, Kamu Harus Tahu 5 Hal Penting Ini!

11 Mar 2019

Jadi anak mudah itu susah-susah gampang, ya. Kalau terlalu serius, dikhawatirkan nggak bisa menikmati masa muda. Tapi kalau terlalu santai juga, bahaya buat masa depan. Makanya banyak banget deh anak muda yang masih butuh arahan. Termasuk kamu nggak nih?

Andi Sharma, seorang penulis dari Hufftington Post dan penggiat Social Enterpris, memberikan berbagai pesan tentang hal-hal yang menurutnya harus diingat para anak muda di usia 16-21 tahun.

Berikut ini 5 masukan menarik dari Andi Sharma yang (mungkin) bermanfaat untuk kamu.

1. Jangan Buang-Buang Waktu

Menurut Sharma, pilihan-pilihan hidup kamu semasa muda akan sangat berpengaruh pada masa depan kamu, termasuk pilihan untuk menikmati masa muda itu sendiri.

Kamu harus bisa mencari titik keseimbangan antara kegiatan seru-seruan seperti, nongkrong dan travelling dengan kegiatan yang berfaedah seperti, ikut seminar atau ikut kursus di luar sekolah. Kamu harus ingat, kalau waktu itu nggak bisa diputar mundur, jadi jangan sia-siakan, ah!

 

2. Pilih Teman Dengan Bijak

Berteman itu memang boleh dengan siapa saja, memang nggak baik kalau kamu terlalu memilih-milih teman, apalagi sampai kamu memilih teman berdasarkan latar belakang tertentu.

Perlu digaris bawahi, kamu harus bijak dalam memilih teman. Maksudnya, kamu harus bisa memastikan kalau orang-orang di sekeliling kamu adalah orang-orang yang bisa memotivasi kamu untuk menjadi lebih baik.

Mempunyai orang-orang yang bisa membuat kamu happy itu penting banget lho! Usir orang-orang yang sering menyakiti atau membawa aura negatif ke hidup kamu. They do not deserve a place in your life!

 

3. Cintai Diri Sendiri dan Harus Percaya Diri dengan Keunikanmu

we are all unique”, nggak perlu terlalu memusingkan penampilan! Kamu unik dengan karakter kamu sendiri, kok. Selama penampilan kamu sopan, nggak mengganggu orang lain dan bikin kamu nyaman. Daripada memaksakan diri “menjadi orang lain” demi trend fashion masa kini, atau memaksakan diri demi menutupi kekurangan tapi sebenarnya kamu nggak nyaman. Just be your self!

Bahkan, menurut penelitian di Medical Institute of Minnesota, orang-orang yang (berani) unik sebenarnya lebih paham tentang passion mereka, sehingga mereka lebih sungguh-sungguh dalam mengejar mimpi.

 

4. Tetap Keren di Saat Up dan Down!

Menurut Sharma, masa muda akan penuh dengan momen membahagiakan dan juga momen patah hati. Dari mulai momen seru bareng teman-teman, momen ngeselin diputusin pacar, berantem sama orang tua, kakak atau adik, berhasil menang lomba baik akademik maupun non-akademik, dan lain sebagainya. Pokoknya up and down terus, deh.

Tetapi sebagai anak muda, kamu harus tetap keren dalam segala kondisi. Maksudnya, ketika kamu sedang berada di “atas angin”, jangan jadi sombong. Atau sebaliknya, ketika kamu sedang down, jangan melampiaskan diri ke hal-hal buruk seperti minum aseton pembersih cat kuku punya mama kamu, misalnya.

Kalau kata Sarah Gibson “roda itu berputar”, ya, pokoknya, keep calm and be awesome in every situation!

 

5. SABAR!

Satu hal yang wajar sih, kalau kamu selalu merasa pengen cepet-cepet lulus, lalu kuliah, selesaikan skripsi, lulus kuliah, cari kerja, punya uang sendiri, menikah, punya anak-anak yang lucu, dan hidup bahagia selamanya. Anak muda memang biasanya suka menggebu-gebu, ya?!

Tapi kamu harus ingat, good thing take time. Misalnya, kamu nggak bisa berharap bisa langsung dapat pekerjaan bergaji besar kalau baru lulus kuliah dan belum punya pengalaman. Semua proses hidup harus kamu lewati dulu dengan baik, agar hasil yang kamu dapatkan juga baik. Sabar aja, ya! Semua ada masanya, kok.

 

Nah, itu 5 pesan yang disampaikan Andi Sharma, yang harus diingat oleh anak muda agar bisa menemukan “titik keseimbangan” agar dapat menjalani hari-hari dengan lebih menyenangkan. Selamat membaca! ^_^

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019