Blog

ENS INFO

Tips dan Trik Lolos SPMB PKN STAN 2019

Published at 09 May 2019 16:15

“Kak gimana tips dan trik supaya bisa lolos SPMB PKN STAN 2019?”

Yaps, ada banyak pertanyaan di luar kurang lebih seperti di atas. Tapi yang jelas apa yang kamu baca sekarang ini sifatnya subjektif, bisa jadi kamu terapkan ke diri kamu itu cocok, bisa juga gak, jadi jangan ngarep banyak, tapi berharaplah yang terbaik, haseeekkk.

1. Beres Administrasi SPMB PKN STAN

Pasti deg-degan ketika ketinggalan daftar SPMB PKN STAN? Nyatanya pendaftaran diperpanjang sampe 7 Mei 2019. Aku berharap kamu udah beres untuk administrasi SPMB PKN STAN.

Karena gak lucu udah persiapan berpuluh purnama, eh lupa gak daftar. Pastikan untuk urusan ini kamu udah beres ya.

2. Memahami Peta Soal SPMB PKN STAN

Ya, gak jauh beda dengan peta di google maps, bedanya ini lebih ke permainan waktu saat mengerjakan soal SPMB PKN STAN nanti.

Karena di ujian nanti kamu akan mengerjakan soal:
- Tes Potensi Akademik (TPA) 45 Soal dengan waktu 40 menit
- Tes Bahasa Inggris (TBI) 30 Soal dengan waktu 20 menit
- Tes Kemampuan Dasar (TKD) 100 soal dengan waktu 90 menit
diantaranya ada tes seperti Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Berbeda dari sebelumnya tahun ini ada Psikotes dan Tes Kesehatan dan Kebugaran.

Apa cukup memahami sampai situ aja? Belum, kamu mesti tau bobot nilai tes tersebut. Karena syarat kamu lulus adalah nilai harus ambang batas.

  • Ambang Batas TPA dan TBI
Tes PERKIRAAN Jumlah soal Penilaian Nilai Maks

Nilai Ambang Batas

TPA (Tes Potensi Akademik) 45 Benar +4, Salah -1, Kosong 0 180 67
TBI (Tes Bahasa Inggris) 30 Benar +4, Salah -1, Kosong 0 120 30
  • Ambang Batas TKD

Tes TKD 

Jumlah soal    Penilaian Nilai Maks Nilai Ambang Batas    Jumlah Minimal Benar
Tes Intelegensi Umum (TIU) 30 Benar +5, Salah/kosong 0 150 80 16
Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 Benar +5, Salah/kosong 0 175 75 15
Tes Karakteristik Pribadi (TWK) 35 Tiap pilihan ganda, ada skala 5-4-3-2-1 175 143 -

 

3. Latihan Soal SPMB PKN STAN

Disadari atau gak oleh kamu latihan soal itu penting. Mungkin kamu suka berkhayal “ah, kalau ketemu soal begini, jawabnya begini”. Seperti otot yang awalnya mengangkat beban itu sakit, lama kelamaan malah terbiasa.

Persis seperti, awalnya sulit ngerjain soal atau mungkin lebih dari itu, bingung. Gak apapa itu wajar, karena menurut Josh Kaufman dalam buku The First 20 Hours How to Learning Fast seseorang untuk bisa menguasai keahlian baru (ngerjain soal) mesti melewati 20 jam masa bingung.

Dimana kamu akan merasakan keraguan, kebingungan, dan kebimbingan dalam belajar. Jadi kalau kadang ngerasa “duh ini bener gak ya” itu wajar dan mesti dilalui.

4. Memersiapkan Kebugaran

Tahun ini ada Tes Kesehatan dan Kebugaran mumpung masih ada waktu untuk latihan fisik agar tubuhmu sehat dan bugar. Ya, keliling komplek perumahan atau dekat rumah juga bisa. Asal jangan lari dari kenyataan aja ya!

 

Tips Belajar untuk SPMB PKN STAN

Setiap orang punya cara tersendiri agar materi pembelajaran bisa diserap dengan baik, tapi masalahnya kamu sendiri udah ketemu belum? Hehe.

Coba deh baca ini: 6 Tipe Belajar Ini Bikin Belajarmu Makin Efektif. Mungkin setelah baca ada pemahaman yang berbeda tentang gaya belajar kamu.

 

1. Belajar Sendiri atau Kelompok

Ada yang lebih nyaman belajar bareng-bareng ada juga sendirian. Gak masalah selama tujuan kamu tercapai yakni meningkatkan pemahaman belajar kamu terhadap soal SPMB PKN STAN.

Kalau sendiri memberatkan kamu ya saatnya kamu bergabung dengan teman-temanmu. Atau belajar bareng-bareng itu kurang konsentrasi dan gak bikin fokus, belajar sendiri bisa jadi alternatif.

Yang penting fokus goalsnya!

2. Pomodoro Technique

Terdengar familiar atau baru tau? Ya, sebuah Teknik untuk memaksimalkan waktu belajar kamu. Jadi kalau kamu belajar selama 25 menit, maka istirahat 5 menit agar fresh dan gak mumet.

Cara ini bisa dibilang efektif karena mengerti ritme otak bekerja, ya, ibarat mesin terus bekerja, pasti ada panasnya, ada hang-nya, begitu juga otak. Perlu ritme supaya gak stres, kan sayang udah belajar, eh malah hilang karena stres.

3. Mengikuti Try-Out

Inilah salah satu cara terbaik mengasah kemampuan soal kamu lho. Dengan kamu mengikui try-out kamu bisa mengukur kemampuan kamu seberapa siap kamu menghadapi SPMB PKN STAN 2019.

 

Tips yang kamu dapat bisa mendukung apa yang selama ini kamu sudah ketahui atau mungkin menambah wawasan kamu juga. Menurut kamu apa lagi yang mesti dipersiapkan? Komen dong. Hehe.

 

Penulis: Dwi Andika Pratama

Related Article