ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Nggak Perlu Kesal… Inilah 5 Cara Jitu Menghadapi Teman yang Hobi Nyontek!

Published at 11 Sep 2019 11:42

Bagi sebagian orang, dicontekin itu rasanya nggak enak dan nggak nyaman. Bener nggak?

Ibaratnya kamu udah usaha belajar mati-matian sampe pagi untuk mendapatkan nilai yang bagus, eh ternyata teman kamu dengan mudahnya mendapat nilai lebih bagus dari hasil nyontek.

Kalau kamu salah satu orang yang nggak suka dicontekin sama teman kamu, tenang aja Kawan ENS! Kamu bisa mengatasinya dengan ke-5 cara berikut ini!

 

1. Pura-pura Nggak Dengar

Kalau kamu lagi kebetulan duduk sama teman yang suka nyontek (apalagi nyonteknya bawel) kamu bisa coba pura-pura nggak denger aja! Anggap aja kamu lagi mikir keras kenapa ular nggak punya kaki, hehehe.

Biasanya, teman yang punya niatan nyontek tapi nggak ditanggapin pasti lama-lama jadi capek sendiri deh, hehehe.

 

2. Pindah Duduk ke Tempat Lain

Pindah tempat duduk bisa menjadi alternatif kalau kamu udah bener-bener nggak nyaman dan merasa terganggu banget Kawan ENS!

Kalau perlu kamu duduk deket meja guru atau meja dosen, dijamin teman kamu nggak bakalan berani nyontek!

 

3. Ajak Belajar Bareng

Coba deh sesekali kamu ajak teman kamu yang suka nyontek untuk belajar atau ngerjain tugas bareng, hehehe. Siapa tau dia nyontek itu karena nggak ngerti dan nggak ada yang bisa ngajarin dia.

Mungkin dengan kamu ngajarin dia, dia nggak bakalan nyontek-nyontek lagi. Pastinya kamu juga mau dong ngeliat teman kamu pintar?

 

4. Bilang Kalau Kamu Nggak Bisa

Kalau kamu udah ngerasa keganggu banget dan nggak nyaman, coba aja kamu kasih pengertian ke temanmu kalau kamu juga nggak bisa ngerjain soal-soal tersebut. Biasanya kalau kamu sering ngasih contekan ke dia, dia bakalan menjadikanmu sebagai sumber contekan andalannya.

 

5. Tutup Jawaban Kamu

Orang yang suka menyontek punya sejuta cara buat melancarkan aksinya nih! Apalagi mereka punya jurus andalan alias jurus mata elang, hehehe.

Daripada kamu nggak rela dicontek teman kamu, mending kamu tutup aja lembar jawaban kamu biar aman!

 

So, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman yang suka nyontek, hehehe. Semoga teman kamu bisa cepat berubah dan nggak nyontek-nyontek lagi ya!

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu! 😊 

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article