ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

8 CARA JITU INI BIAR KAMU SEMANGAT KETIKA BELAJAR

Published at 14 Oct 2018 12:00

Semangat untuk mengerjakan sesuatu sangatlah penting, terutama ketika sedang belajar. Semangat yang kendur ketika belajar atau lagi ngerjain tugas akan membuat pekerjaan kamu terhambat bahkan ogah-ogahan ketika harus melakukan hal tersebut di kemudian hari. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan semangat belajar kamu. Kali ini kita akan berbagi informasi tentang bagaimana cara menumbuhkan semangat belajar kamu. Mau tahu caranya? Simak langsung yang satu ini ya!

 

Buatlah satu tujuan pasti dengan niat yang kuat

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tujuan yang pasti dengan niat yang kuat. Misalnya nih, kamu pengen banget masuk ke sekolah lanjutan atau perguruan tinggi favorit. Niatlah dari dalam hati dan tuliskan tujuan kamu ke secarik kertas. Pajanglah di dinding kamar dimana kamu bisa melihatnya setiap hari.

 

Atur jadwal belajar kamu

Selanjutnya, atur jadwal belajar kamu sehingga nggak mengganggu aktivitas yang lain, misalnya sekolah atau les. Aturlah waktu belajar dimana kamu benar-benar luang pada saat itu, dan yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah belajar. Jangan pernah menjadwalkan jam belajar pada malam hari setelah beraktivitas, sebab hal tersebut malah akan membuat kamu nggak fokus ketika belajar.

 

Buatlah sistem reward dan hukuman

Dengan sistem reward dan hukuman, kamu akan punya konsekuensi dalam belajar, Loopers. Misalnya gini, kamu boleh main game selama 2 jam setelah kamu belajar selama 1 jam. Kalo misalnya kamu melebihi waktu bermain yang udah ditetapkan, kamu akan menghukum diri kamu sendiri dengan memangkas waktu bermain kamu di kemudian hari.

 

Punya pacar

Ya, bener banget, punya pacar. Dengan punya pacar, kamu akan punya semangat lebih biar bisa lebih pintar dari pacar kamu. Selain itu, waktu belajar kamu jadi lebih menyenangkan apabila kamu belajar bareng sama pacar kamu. Belum lagi ketika kamu jadi sering diingatin pacar ketika kamu harus belajar.

 

Tempelkan kalimat-kalimat motivasi di dinding kamar kamu

Selain menempelkan kertas tujuan belajar, kamu juga perlu menempelkan kalimat-kalimat motivasi yang bisa memberikan semangat dan menambah gairah belajar kamu.

 

Berteman dengan teman lain yang rajin belajar

Ketika kamu bergaul dengan teman yang rajin belajar, otomatis kamu juga akan ikutan rajin belajar. Maka dari itu, bertemanlah dengan teman-teman yang rajin belajar biar kamu ketularan belajar, Loopers.

 

Jangan cepat puas

Meskipun kamu udah mendapatkan nilai yang bagus ketika ujian atau dalam tugas sehari-hari, janganlah cepat puas dengan hasil tersebut. Pasalnya, kamu kan masih belum mencapai tujuan kamu yang sebenarnya.

 

Hargailah waktu

Yang paling penting adalah gimana kamu menghargai setiap waktu yang diberikan Tuhan kepada kamu. Apakah kamu akan menghabiskan waktu kamu hanya untuk bersenang-senang atau melakukan hal yang berguna, itu keputusan kamu. Ingat, apa yang kamu tanam hari ini akan kamu tuai di masa mendatang.

 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar sungguh-sungguh. Dengan melakukan semua langkah di atas, kamu bisa membuat diri kamu sendiri bersemangat dalam belajar dan menjadi lebih baik setiap harinya. Semoga bermanfaat yaa, Loopers.

 

Sumber: 

loop.co.id

Related Article