ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Nggak Perlu Takut! Inilah 5 Tips yang Bikin Kamu Percaya Diri Menghadapi Ujian Seleksi!

Published at 06 Dec 2021 17:05

Halo, G-ENS!

Sebentar lagi masuk tahun baru nih, di mana kamu harus persiapan ekstra agar lolos Sekolah Kedinasan. E,e,e tapi kalau masih nggak pede gimana ya? Tenang G-ENS! Minens punya tips jitu untuk kamu, agar kamu bisa meningkatkan percaya diri saat menghadapi seleksi nanti. Yuk simak tips-tipsnya G-ENS!


1. Mantapkan Pilihan 

Tips yang pertama adalah memantapkan pilihan kamu untuk memilih sekolah kedinasan. Agar kamu lebih percaya diri dengan pilihan mu maka kamu harus memantapkan pilihan Sekolah Kedinasan dan Jurusannya. Jangan sampai kamu salah memilih G-ENS! Sebab kalau kamu salah memilih, ujung-ujungnya nanti kamu nggak serius melanjutkan pendidikan, kamu juga jadi sering membolos bahkan nilaimu akan semakin turun. Jika kamu seperti itu kepercayaan diri kamu semakin menurun. Jadi percayalah pada pilihanmu dan jangan mengikuti teman-teman karena gengsi ataupun hal lainnya.

Minens punya saran untuk kamu, sebelum kamu mendaftar lebih baiknya kamu mencari informasi dari Sekolah Kedinasan yang akan kamu pilih nanti. Untuk mencari informasi mengenai sekolah kedinasan banyak banget caranya G-ENS. Salah satunya kamu bisa mencari di Internet, ataupun bertanya langsung ke mahasiswa yang sudah masuk ke sekolah kedinasan.

 

2. Mengikuti Bimbingan Belajar

Setelah kamu udah memantapkan pilihan kamu, kita berlanjut ke tips yang kedua nih G-ENS! Kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu dengan mengikuti Bimbel/Bimbingan Belajar. Kamu bisa aja belajar sendiri di rumah, tapi bagi kamu yang memiliki bugdet lebih sangat direkomendasikan untuk mengikuti Bimbel. Sebab, di Bimbel kamu akan mengetahui semua informasi mengenai sekolah kedinasan beserta tes yang dilalui, sehingga kamu nggak perlu lagi mencari informasi sendiri. Kamu bisa ikut Bimbel khusus persiapan masuk Sekolah Kedinasan di ENS lho, karena banyak program-program yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

3. Perbanyak Berlatih Menyelesaikan Test Soal

Tips yang ketiga adalah perbanyak latihan soal G-ENS! karena teori aja nggak cukup untuk persiapan kamu saat seleksi nantinya. Teori perlu diimbangi dengan berlatih berbagai jenis soal. Dengan banyak berlatih, maka kamu akan terbiasa dengan soal yang akan diujikan nanti.

 

4. Uji Kemampuan Diri dengan Try Out

Tips yang keempat yaitu mengikuti Try Out. Try Out merupakan hal penting yang harus kamu lakuin untuk daftar di Sekolah Kedinasan lho. Jadi, saat tes seleksi nanti kemampuanmu bisa langsung diuji dengan tes yang sesungguhnya pada saat seleksi.

 

5. Memanfaatkan Waktu dengan Baik

Nah, ini tips yang terakhir nih G-ENS! Kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik saat test nanti. Karena waktu yang diberikan sangat terbatas dan kamu bisa aja terjebak di soal-soal yang membuat kamu kesusahan dan menurunkan kepercayaan diri untuk menjawab. Kamu dapat melewatinya dan mencari soal yang mudah terlebih dahulu. Jika soal yang mudah sudah terjawab semua dan masih ada sisa waktu gunakanlah waktu tersebut untuk menjawab soal yang sulit atau yang sudah kamu lewati. Jadi selalu perhatikan waktu dan jangan terpaku pada soal yang sulit.

 

Gimana G-ENS? tips-tipsnya cukup membantu 'kan? Perbanyak berlatih membuat kamu lebih percaya diri lagi. Karena jika kamu hanya belajar menggunakan sistem kebut semalam enggak efektif lho G-ENS! Yuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ^^

Related Article