ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Penting! Inilah 5 Dampak Buruk Kalau Kamu Tidur dengan Lampu Menyala…

Published at 06 Aug 2019 17:15

Di Indonesia, nggak sedikit orang yang takut tidur dalam keadaan lampu mati. Biasanya, mereka yang takut gelap nggak suka banget tidur dalam keadaan lampu mati. Seseorang yang nggak suka tidur dengan lampu yang gelap, biasanya nggak dibiasain dari kecil, hehehe. Kamu gitu juga nggak Kawan ENS?

Padahal ya, tidur dalam keadaan lampu menyala dapat menyebabkan gangguan tidur dan beberapa dampak buruk lainnya lho Kawan ENS… Mau tau apa aja dampak buruknya? Yuk pantengin tulisan berikut ini!

 

1. Kanker

Salah satu bahaya tidur dengan lampu menyala adalah dapat memicu penyakit kanker. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita aja nih Kawan ENS, karena jenis kanker yang sering diderita adalah kanker payudara. Tapi nggak menutup kemungkinan laki-laki nggak bakalan kena juga, karena selain kanker payudara, tidur dengan lampu yang menyala juga bisa menyebabkan kanker usus lho…

Hal ini udah dibuktikan dengan riset yang dilakukan oleh Massachussetts Intitute of Technology (MIT), ngeri banget ‘kan?

 

2. Kesehatan Reproduksi

Selain dapat memicu penyakit kanker… tidur dengan lampu yang menyala juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan reproduksi. Orang yang sering bekerja dengan sistem shift pada malam hari, seringkali terkena paparan cahaya di malam hari. Hal ini dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan reproduksi lho, terutama untuk para wanita Kawan ENS…

Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin sering seorang wanita bekerja dengan sistem tersebut, maka semakin tinggi resiko siklus haid terganggu. Para peneliti menduga, hal tersebut juga berkaitan dengan siklus tidurnya yang mengganggu stabilitas hormon.

 

3. Masalah Jantung

Untuk seseorang yang mempunyai jantung yang lemah ternyata amat sangat nggak dianjurkan untuk tidur dengan lampu yang menyala ya! kenapa? Karena kalau kamu tidur dengan lampu yang menyala, ritme detak jantung kamu bakalan nggak beraturan Kawan ENS! Hal tersebut bisa membahayakan jantung kamu tuh…

Justru sebaliknya, kalau kamu tidur dengan lampu yang mati, detak jantung kamu bakalan lebih stabil.

 

4. Menyebabkan Insomnia

Tidur dengan lampu menyala di malam hari juga bisa menyebabkan kamu mengalami gangguan insomnia alias gangguan tidur. Lampu yang menyala di malam hari dapat menghambat pelepasan hormon melatonine. Sedangkan hormon melatonine itu penting banget untuk tidur kamu yang berkualitas.

Penyebab insomnia ini nggak cuma dari cahaya lampu aja lho… tapi juga bisa dari cahaya layar televisi, layar komputer, bahkan layar smartphone kamu.

 

5. Produksi Hormon Melatonine Berkurang

Saat kamu tidur tanpa mematikan lampu, bisa menyebabkan produksi hormon melatonine kamu terhambat lho Kawan ENS… atau bahkan bisa berhenti.

Hormon melatonine yang terganggu bakalan bikin kamu sulit untuk tidur, alhasil kamu nggak mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Selain itu, hormon melatonine yang kurang, nggak bisa menghambat sel-sel kanker di tubuh kamu lho…

 

Nah, kalau kamu udah baca hal-hal tersebut, pastinya kamu bakalan mempertimbangkan masalah ini kan Kawan ENS? Lebih baik tidur dengan lampu keadaan mati dibanding nyala. Kalau kamu nggak bisa gelap sama sekali, kamu bisa akalin dengan menggunakan lampu tidur yang agak remang ya, hehehe.

Jangan lupa untuk share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat ya, semoga membantu! 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article