ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

Sekolah VS Kuliah, Mana yang Lebih Seru?

Published at 18 Jul 2019 11:53

Saat kamu lagi nonton film, terus ngeliat scene anak-anak kuliahan. Rasanya seru ya, kayak ngumpul bareng temen-temen, nongkrong, dan lain-lain. Kesannya nyantai banget ya?

Banyak dari kamu yang waktu sekolah bilang “nggak enak deh sekolah harus masuk pagi, mau kuliah aja mendingan” Eits… jangan salah paham dulu, mending kamu pahami perbedaan dari Sekolah VS Kuliah berikut ini ya!

 

1. Dari Segi Kelas

Kalau sekolah biasanya kelasnya masuk pagi, dan jam masuknya maupun kelasnya konsisten setiap hari. Terus jumlah siswa di sekolah itu lumayan banyak, tapi sebanyak-banyaknya mungkin cuma 40 siswa-an.

Beda halnya dengan kuliah, kalau kuliah jam masuk itu nggak nentu, bisa berbeda-beda setiap hari, kadang masuk pagi kadang bisa aja malem. Kelasnya pun juga nggak nentu bisa pindah-pindah setiap pergantian mata kuliah. Untuk jumlah orang dalam satu kelas, bisa buanyak banget. Kamu bisa aja belajar di ruangan yang jumlah orangnya hampir 50 orang.

 

2. Dari Segi Mata Pelajaran/Mata Kuliah

  • Di sekolah, kamu harus wajib mengambil semua mata pelajaran, nggak boleh ditunda dan nggak boleh ditambah. Sedangkan kalau kuliah, kamu punya fleksibilitas… kamu bisa menunda mata kuliah yang belum bisa kamu jalani, dan kamu juga bisa pilih mata kuliah sebelum waktunya kalau kamu mau lulus lebih cepat.
  • Kalau lagi belajar, biasanya saat sekolah butuh lebih dari 1 buku catatan, karena setiap mata pelajaran butuh buku yang berbeda-beda, bahkan ada yang satu mapel pakai dua buku (untuk catatan, dan tugas). Sedangkan kalau kuliah, kamu cukup bawa satu binder alias satu buku catatan untuk semua mata kuliah, pinter-pinter kamu mengatur catatannya agar terlihat rapih.
  • Saat sekolah, syarat kelulusan itu harus mengikuti Ujian Nasional (UN). Kalau kuliah, syarat kelulusan kamu harus membuat TKA (Tugas Karya Akhir) untuk jenjang D3, dan skripsi untuk jenjang S1.


3. Dari Segi Pengajar

Sekolah itu udah nggak asing lagi sama yang namanya guru. Karena kalau kamu sekolah apa-apanya pasti berhubungan sama guru. Biasanya kalau di sekolah ada istilah “wali kelas”, guru di setiap-setiap kelas yang bertanggungjawab ngurusin dan membimbing kamu di kelas.

Sedangkan di kuliah, yang bakalan ngajarin kamu dan berhubungan sama kamu namanya “dosen”. Beda halnya dengan sekolah… di kuliah kamu bakalan dibimbing oleh dosen Pembimbing Akademik (PA) ya, bukan wali kelas… hehehe.

 

Itulah perbedaan sekolah VS kuliah, semoga kamu bisa cepet beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan ya, Kawan ENS!

Jangan lupa untuk share ke temen-temen kamu ya, semoga membantu!  ^_^


Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article