ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

Kenali 5 Tanda ini, Jika Kamu ingin jadi Teman yang Baik!

Published at 15 Jul 2019 15:30

Dalam pertemanan, kita selalu mengharapkan memiliki teman yang baik. Tapi, kadang kita nggak sadar kalau kita juga harus menjadi teman yang baik pula untuk mereka. Seringkali kita selalu minta dingertiin dan didengar, padahal kita nggak pernah ngelakuin itu ke teman-teman. Betul nggak?

Daripada fokus mencari teman yang baik, mendingan kamu introspeksi diri untuk menjadi teman yang baik aja ya, Kawan ENS…

Sebelum menjadi teman yang baik, pelajari dulu nih 5 tanda kamu belum menjadi teman yang baik berikut ini...

 

1. Nggak Ada, Saat Teman butuh Kamu.

Sebagai teman yang baik, pastinya kamu bakalan selalu ada kalau teman kamu lagi membutuhkan bantuan ataupun lagi senang. Tapi, kalau teman kamu lagi kesusahan dan kamu nggak ada keinginan untuk membantu, kamu bisa dibilang belum menjadi teman yang baik lho, Kawan ENS. Kamu cuma ingin senang-senangnya aja dibanding saat susah.

 

2. Gampang Iri dengan Keberhasilannya.

Nah, ini sering terjadi nih… Saat teman kamu lagi bahagia atas keberhasilannya, temen yang nggak baik bakalan nggak seneng alias iri. Kalau kamu kayak gitu, itu tandanya kamu nggak tulus temenan sama dia. Kalau kamu tulus, pasti kamu akan ikut seneng atas keberhasilannya dong?

 

3. Nggak Jujur Alias Sering Bohong.

Hayo siapa yang sering bohong ke temennya?

Kalau bohong untuk iseng-iseng bercandaan masih bisa ditolerir sih, tapi kalau bohong karena kamu nggak mau terlihat kalah sama temen kamu, tandanya kamu bukan temen yang baik.

 

4. Nggak Bisa Dipercaya.

Gimana sih rasanya dikhianati sama temen? Pasti sakit kan? Nah, kalau kamu udah dikasih kepercayaan sama temen terus kamu berkhianat sama dia, bisa dibilang kamu bukan temen yang baik. Kalau kamu sayang sama temen kamu, kamu pasti bakalan jaga kepercayaan dia dan nggak bakalan nyakitin.

 

5. Nggak Peduli.

Coba inget-inget deh, udah seberapa peduli kamu sama temen kamu? Kalau dia lagi sedih atau kesusahan kamu sering ada di sampingnya nggak? Kalau jawabannya hampir nggak pernah ada, udah pasti kamu di cap sebagai temen yang nggak baik lho… kalau kamu mau dipeduliin orang lain, coba deh dari diri kamu sendiri dulu, kamu harus mencoba peduli dengan teman-temanmu Kawan ENS…

 

Nah, itulah tanda-tanda kalau kamu belum menjadi teman yang baik… harus diingat ya daripada kamu berharap mendapatkan teman yang baik, mending kamu mulai belajar menjadi teman yang baik yang nggak pernah tergantikan, hehehe.

Jangan lupa share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ya, Kawan ENS! Semoga membantu! ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article