ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Sering Gugup Saat Presentasi di Kelas? Yuk Atasi dengan 6 Hal Ini!

Published at 14 Aug 2019 09:45

Halo Kawan ENS! Pernah nggak kamu suka ngerasa gugup saat mau presentasi di kelas? Pasti pernah dong… hehehe. Gugup saat mau presentasi di kelas emang wajar kok! Karena nggak semua orang handal dalam public speaking nih Kawan ENS! Harus sering-sering latihan, hehehe. Dulu udah pernah dibahas lho tentang pentingnya public speaking, kamu bisa baca di link ini ya!

Kembali ke topik awal, kalau kamu sering gugup buat presentasi di kelas kamu bisa ikutin ke-6 hal berikut ini lho!

 

1. Latihan di Depan Cermin

Biar kamu nggak terlalu gugup dan kaget saat presentasi di depan kelas, kamu bisa banget latihan di depan cermin Kawan ENS! Dengan latihan di depan cermin, kamu bisa tau secara langsung ekspresi muka kamu gimana, kalau dirasa ekspresi kamu aneh kamu bisa langsung memperbaiki deh.

Selain itu, kamu juga bisa menganggap cermin sebagai audiens kamu, itung-itung ngelatih diri kamu biar nggak malu-malu banget nantinya. Hehehe…

 

2. Tanamkan Persepsi Kalau Audiens itu Temen/Sahabat Kamu

Biasanya kalau kamu gugup saat presentasi di depan kelas, itu karena kamu menganggap audiens itu orang berlevel tinggi yang bakal ngehujat kamu abis-abisan Kawan ENS!

Coba deh tanamin persepsi kalau audiens itu temen kamu atau sahabatmu. Kamu harus menganggap kalau kamu setara kok dengan mereka. Jangan sampai kamu merasa minder ya! Nantinya kamu malah makin gugup lho…

 

3. Atur Nafas

Saat gugup sering banget detak jantung tuh berasa lebih cepet dan nafas jadi nggak menentu ya? Nah kalau kamu lagi kayak gini, coba deh buat atur pernafasan kamu dengan menarik nafas pelan-pelan dari hidung sampai maksimal terus kamu keluarin pelan-pelan, ulangi cara itu sampai diri kamu bener-bener rileks ya!

 

4. Focus is a Must

Di dalam presentasi, focus is a must ya Kawan ENS! Apa pun yang terjadi jangan sampai hal tersebut bisa mengganggu fokus kamu.

Misalnya saat di awal presentasi temen kamu pada sibuk sendiri, biarin aja nggak usah dipusingin, intinya kamu harus stay focus in any situation. Kalau kamu udah nggak fokus, kamu bakalan nge-blank, hehehe. Materi yang mau kamu sampaikan bakalan buyar entah kemana. Rugi banget kan?

 

5. Perhatikan Penampilan Kamu

Sebelum presentasi, biar kamu nggak gugup dan makin pede, ada baiknya kamu perhatiin penampilan kamu dulu nih. Kamu bisa minta pendapat temen kamu tentang penampilan kamu “kira-kira aku udah rapih belum ya?”.

Penampilan itu penting banget dalam presentasi, karena kamu bakalan jadi pusat perhatian lho… jadi kamu harus perhatiin penampilan kamu mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut ya!

 

6. Menguasai Materi

Nah ini nih koentji (re:kunci) dari presentasi. Rata-rata yang bikin kamu gugup juga karena kamu nggak menguasai materinya alias kamu nggak ngerti. Supaya kamu nggak gugup, kamu pelajari deh materi-materi yang bakalan kamu presentasiin. Kalau kamu udah yakin sama gagasan dan ide-ide yang bakal kamu kasih ke audiens, kamu pasti bakalan yakin banget Kawan ENS!

 

So, itulah ke-6 hal yang bisa kamu lakuin kalau kamu lagi gugup saat mau presentasi ya! Nggak perlu lagi deh gugup-gugup, hehehe. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ya, semoga membantu! 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article