Blog

ENS TIPS

7 TIPS AMPUH SUPAYA KAMU BISA BELAJAR CERDAS

Published at 14 Oct 2018 12:00

Hallo kawan ENS, tujuan kamu belajar itu buat apa sih? Apa karena besok ada ujian, atau karena kamu ingin jadi cerdas? Apapun alasan kamu, kali ini mau kasih tips buat kamu agar kamu bisa jadi cerdas dengan belajar, Loopers. Jadi nggak sekedar belajar buat ujian aja, tapi ilmunya bakal bisa langsung terserap dengan baik. Nah, simak yuk tips-tips gimana cara belajar biar cerdas.

 

Jauhi Gadget

Ini nih salah satu benda yang paling bisa ganggu konsentrasi kamu. Ngaku deh pasti banyakan ngecek gadgetnya nih daripada belajarnya. Makanya, biar kegiatan belajar kamu jadi berkualitas, matikan aja deh gadget kamu. Biar kamu nggak dikit-dikit ngecek gadget gitu. Kamu boleh kok mainin gadgetmu lagi kalo kamu sudah selesai menuntaskan kegiatan belajarmu.

 

Matikan musik dan televisi

Selain gadget, hal lain yang bisa mencuri perhatianmu adalah TV dan musik. Matikan TV dan musik sehingga konsentrasimu nggak akan terganggu. Atau kalo memang ada yang sedang menonton TV, kamu bisa memintanya untuk mematikan TV. Kalo nggak bisa sih, kamu bisa cari tempat belajar yang lebih tenang.

 

Jangan menunda-nunda waktu belajarmu

“Ah nanti aja deh belajarnya”

Ada nggak yang sering seperti itu? Pasti banyak kan? Hehe. Padahal kalo kamu menunda-nunda, yang rugi itu kamu sendiri lho. Misalnya aja kamu terlalu sering menunda sampai sudah terlalu malam, akhirnya kamu nggak jadi belajar karena ngantuk. Kalo nggak gitu, kamu belajar sambil ngantuk-ngantuk. Hmm dijamin deh materi pelajaran yang sedang kamu pelajari nggak akan masuk ke dalam otak. Gimana mau bisa cerdas coba?

 

Hindari belajar dengan sistem kebut semalam

Besok ada ujian? Jangan baru belajar malamnya ya. Hal itu nggak efektif banget lho. Mungkin kamu bakal bisa melewati ujian dengan baik karena materi pelajaran masih segar di otakmu setelah kamu pelajari semalam. Tapi yakin deh, setelah ujian selesai, kamu akan lupa semua materinya. Mau cerdas? Mimpi.

 

Sediakan waktu buat istirahat

Buat kamu yang memang sudah disiplin buat belajar, pertahankan ya. Eits, tapi jangan lupa buat istirahat. Soalnya belajar terus menerus juga nggak baik. Kamu bakal susah menyerap materi kalo kamu kelelahan.

 

Ciptakan suasana belajar yang nyaman

Ini juga penting banget, Loopers. Suasana belajar yang nyaman bisa bikin kamu merasa betah lho. Pokoknya bikin tempat belajarmu jadi asik banget. Misal nih, kamu bisa menempel poster-poster berisi motivasi, pasang kipas angin atau AC biar kamu nggak kepanasan, dan atur juga pencahayaannya.

 

Jangan cuma membaca, tapi catat kembali pelajaran yang telah kamu pelajari di sekolah

Belajar jangan hanya membaca, Loopers. Lebih efektif lagi kalo kamu mencatat poin-poin dari materi pelajaran. Dengan begitu, materi tersebut akan mudah terserap oleh otakmu dan kamu jadi paham. 

 

Nah itu tadi beberapa tips belajar cerdas. Semoga tips ini bisa membantu kamu meraih prestasi yang lebih baik dan berhasil melewati ujian dengan baik pula. Selamat belajar.

 

Sumber: 

loop.co.id

 

Related Article