ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Spesialisasi Akuntansi Di PKN STAN

Published at 13 Dec 2018 15:00

Dari semua jurusan yang ada di PKN STAN, yang paling familiar untuk anak-anak SMA tentunya Akuntansi. Di Akuntansi banyak banget itung-itungan dan penalarannya lho. Jadi untuk kamu yang suka itung-itungan, suka ‘ngoprek’ rumus, jurusan akuntansi ini cocok untuk kamu.

Akuntansi adalah proses pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan suatu entitas. Secara umum, yang dipelajari di akuntansi PKN STAN dan Akuntansi di Perguruan Tinggi lain nggak jauh beda. Tapi di PKN STAN ada tambahan mata kuliah di bidang pemerintahan.

 

1. Spesialisasi Akuntansi di PKN STAN

Dari waktu ke waktu, jumlah mahasiswa spesialisasi Akuntansi itu paling banyak di antara program studi yang lain di PKN STAN. Pada umumnya apapun program studi yang diambil oleh mahasiswa di PKN STAN, akan tetap kok menghadapi mata kuliah Akuntansi (dulunya PKN STAN adalah akronim dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara). Tapi bagi mahasiswa program studi Akuntansi, mata kuliah Akuntansi dibahas lebih dalam dan rinci dibandingkan dengan program studi lain.

Secara garis besar, mata kuliah Akuntansi yang dipelajari oleh mahasiswa PKN STAN sama dengan mata kuliah di Perguruan Tinggi lain. Tapi ada beberapa mata kuliah spesifikasi Akuntansi di bidang pemerintahan, seperti Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi Perpajakan, Keuangan Publik, dan Hukum Keuangan Negara.

 

2. Spesialisasi Akuntansi Bersifat Fleksibel

Jika dibandingkan dengan spesialisasi lain di PKN STAN, spesialisasi Akuntansi memiliki fleksibilitas dalam penempatan kerja, nantinya lulusan spesialisasi Akuntansi memungkinkan untuk ditempatkan dimana saja. Hal ini disebabkan, karena spesialisasi Akuntansi merupakan spesialisasi yang mata kuliah relatif umum dibandingkan jurusan lain di PKN STAN.

 

3. Program Studi

Untuk spesialisasi program studi diploma yang diselenggarakan Diploma III dan Diploma IV. Kegiatan belajar spesialisasi Akuntansi berpusat di kampus utama, yaitu di Bintaro.

 

4. Aktif Berorganisasi

Mahasiswa Akuntansi memiliki sebuah organisasi yang bernama HIMAS PKN STAN (Himpunan Mahasiswa Akuntansi PKN STAN). Segala program kerja, event, serta kegiatan yang terjadi di lingkup mahasiswa Akuntansi PKN STAN akan dipayungi oleh HIMAS PKN STAN.

Nah, untuk kamu yang lulusan IPA yang mungkin nggak ‘kenal’ dengan Akuntansi selama di SMA. Tenang aja, nggak perlu khawatir, kamu akan mempelajari Akuntansi dari dasarnya banget kok, hingga tingkat lanjut.

Jadi, untuk kamu anak IPA yang suka mencoba hal baru dan cepat belajar hal-hal baru, kamu nggak perlu berkecil hati dan nggak perlu ragu lagi untuk memilih Akuntansi di PKN STAN.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article