Apa Bedanya Diploma I dan Diploma III PKN STAN?

05 Dec 2018

Mungkin di antara kamu banyak yang bertanya-tanya “apa sih bedanya D-I dan D-III PKN STAN?”. Sebenarnya, baik pendidikan Diploma I maupun Diploma III itu memiliki kesamaan, yaitu sama-sama merupakan anak didikan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dibawah naungan Kementrian Keuangan. “Yaelah, ini sih udah tau kali -__-”.

Pendidikan Diploma I maupun Diploma III melalui seleksi masuk yang sama yaitu Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru dan melalui III tahapan seleksi yaitu, tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran, dan TKD. “Krik krik krik... kalau ini juga udah tau ! -__-”

Lalu apa perbedaannya?

 

Spesialisasi

Program Diploma I hanya membuka untuk beberapa spesialisasi saja, yaitu Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Pajak. Sedangkan untuk program Diploma III membuka untuk seluruh spesialisasi yaitu, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Pajak, Pengurusan Piutang dan Lelang Negara, Pajak Bumi dan Bnagunan/Penilai, dan Akuntansi.

 

Tempat Kuliah

Pendidikan program Diploma I bertempat di kampus PKN STAN Jakarta dan Balai Diklat Keuangan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Pontianak, Cimahi, Jogjakarta, Malang, Makasar, Manado dan Bali.

Sedangkan program Diploma III hanya bertempat di kampus PKN STAN Jakarta, yaitu yang berlokasi di Bintaro dan untuk program Diploma III Kepabeanan dan Cukai berlokasi di Rawamangun.

 

Masa Pendidikan

Masa pendidikan program Diploma I PKN STAN hanya 1 tahun atau 2 semester aja, ini menguntungkan lho karena peluang untuk ter-DO menjadi lebih kecil dibandingkan dengan Diploma III yang harus ditempuh dalam masa pendidikan 3 tahun atau 6 semester. Karena tiap semesternya Indeks Prestasi kamu akan dipertanyakan, apakah masih di atas standar atau di bawah standar? Kalau sudah dibawa standar, ya kamu harus rela untuk say good bye sama PKN STAN.

 

Wajib Kerja atau Ikatan Dinas

Masa ikatan dinas untuk program Diploma I adalah 4 tahun, sedangkan untuk program Diploma III masa ikatan dinas selama 10 tahun. Dan kalau sebelum masa ikatan dinas kamu selesai tapi kamu mau keluar dari Kementrian Keuangan, maka kamu harus pengganti biaya selama kamu pendidikan sebesar 10 juta.

 

Karir

Setelah lulus dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), lulusan program Diploma I akan diangkat menjadi pegawai golongan II-A, sedangkan lulusan program Diploma III akan diangkat menjadi pegawai golongan II-C.

 

Gaji

Untuk besarnya gaji tiap masing-masing golongan mempunyai jumlah besaran gaji pokok yang berbeda, semakin tinggi golongan semakin tinggi juga besarnya gaji yang akan didapat. tapi besarnya gaji tersebut dapat juga berbeda sesuai dengan instansi tempat kamu bekerja. Hal ini karena masing-masing instansi memiliki tunjangan gaji yang berbeda-beda.

 

Melanjutkan Pendidikan?

Program Diploma I bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan mengikuti program Diploma III. Jadi nggak perlu khawatir pendidikan kamu hanya sampai di Diploma I saja, setelah kamu lulus dari Diploma III bisa melanjutkan ke Diploma IV. Sedangkan untuk program Diploma III kamu bisa melanjutkan ke Program Diploma IV di PKN STAN atau kamu juga bisa melanjutkan S1 di PTN/PTS dengan akreditasi minimal B, setelahnya pun kamu bisa melanjutkan ke program Magister dan Doktor. Keduanya dapat dilakukan setelah minimal bekerja selama 2 tahun.

 

Nah, jadi itu perbedaan-perbedaan antara program Diploma I dan Diploma III, gimana? Sekarang sudah lebih paham dong. Jadi kamu sudah bisa mengira-ngira dong akan pilih program Diploma apa di PKN STAN?

Jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan kemampuan kamu ya! Jangan memaksakan diri, agar kedepannya memudahkan kamu juga untuk menjalaninnya.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019