ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Spesialisasi Penilai (Pajak Bumi Bangunan) di PKN STAN

Published at 14 Dec 2018 15:00

PKN STAN mempunyai 6 program studi, salah satunya adalah program studi Diploma III Penilai/Pajak Bumi Bangunan (PBB). Pasti kamu nggak familiar deh dengan program studi yang satu ini? Yups! Karena memang program studi ini cuman ada di PKN STAN dan konon katanya jurusan penilai ini belum ada di perguruan tinggi lain di Indonesia lho, wah keren ya?

Seorang Penilai baru-baru ini sangat dibutuhkan baik di Pemerintahan maupun swasta, sehingga jurusan ini mempunyai nilai ‘plus’ tersendiri.

Untuk kamu yang nggak suka dengan hal-hal yang mainstream, bisa banget nih kamu pilih program studi ini. Pasti seru kan ya dapet pengalaman “antimainstream”, hehe.

Tapi pasti masih bingung ya, “apa sih penilai itu?” atau ”apa sih yang dinilainya?”.

 

1. Apa sih yang dinilai?

Penilai/Pajak Bumi Bangunan adalah menilai objek-objek yang terkait dengan Pajak Bumi Bangunan. Objeknya terdiri dari bumi (lahan, tanah, lapangan, dan sebagainya) dan bangunan (rumah, ruko, dan sebagainya). Sehingga dibutuhkan “Penilai” yang sanggup untuk menentukan nilai ekonomis sebuah objek bumi atau bangunan tersebut.

Perlu diingat ya, yang menentukan pajaknya adalah objek bukan subjek. Itulah kenapa dibutuhkan pandangan profesional yang objektif dibutuhkan untuk menilai PBB.

 

2. Spesialisasi Penilai / PBB di PKN STAN

Spesialisasi penilai ini sering disebut sebagai spesialisasi terunik di PKN STAN, kenapa? Karena selain hanya ada di PKN STAN, spesialisasi ini merupakan satu-satunya spesialisasi yang masih mempelajari ilmu sains padahal spesialisasi lain di PKN STAN adalah spesialisasi yang IPS banget. Ini yang menyebabkan spesialisasi Penilai/PBB ini dijuluki “tekniknya PKN STAN”.

Pelajaran teknik yang mempelajari matematika dan fisika dijadikan mata pelajaran untuk spesialisasi ini. Karena tentunya, dibutuhkan dasar-dasar teknik untuk membuat penilaian objek bumi dan atau bangunan menjadi lebih akurat dan objektif. Selain dasar teknik, mahasiswa spesialisasi ini juga tetap mempelajari mata kuliah terkait keuangan, juga akuntansi. Sehingga bukan sekedar menilai nilai fisik atau objek, tapi juga menentukan nilai ekonomisnya.

 

3. Program Studi

Untuk spesialisasi program studi diploma yang diselenggarakan hanya Diploma III, nggak ada Diploma I untuk spesialisasi Penilai/PBB.

 

4. Prospek Kerja

Spesialisasi Penilai/PBB di PKN STAN berada di bawah jurusan pajak. Sehingga nantinya lulusan-lulusan spesialisasi Penilai/PBB ini akan di tempatkan di Kementerian Keuangan di bawah naungan DJP (Direktorat Jendral Pajak).

Para lulusan spesialisasi ini diharapkan bisa menjadi pegawai (ajun akuntan) dalam bidang perpajakan seksi ekstensifikasi, pejabat fungsional penilai pajak, dan pejabat pengelolaan kekayaan negara. Nantinya kamu diharapkan bisa untuk melakukan perencanaan, pendataan, administrasi Objek PBB hingga mengelola aset dan kekayaan negara.

Penilai/PBB ini juga cocok untuk kamu yang menyukai pekerjaan lapangan. Perlu diingat juga kalau setiap jurusan itu tentunya punya kelebihan, kelemahan dan resikonya masing-masing.

 

Jadi, berminat masuk jurusan ini?

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article