ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Susah Konsentrasi dengan Pelajaran di Kelas? Mungkin 6 Kebiasaan Ini Penyebabnya!

Published at 18 Dec 2018 16:37

Otak berperan sangat penting dalam kehidupanmu. Bagaimana tidak, otak merupakan organ yang berperan mengontrol tindakan hingga refleks tubuh untuk bergerak. Kalau otak mengalami masalah, aktivitas sehari-hari juga dapat terganggu. Tanpa kamu sadari, banyak kebiasaan sehari-hari yang mengganggu kinerja otak lho. Sayangnya, kebiasaan tersebut sering dilakukan tanpa kamu sadari.

Akibat kebiasaan buruk tersebut membuat kita memiliki rasa kantuk yang berlebihan, yang menyebabkan kita sulit konsentrasi, sehingga produktivitas terganggu. Inilah kebiasaan yang harus dihindari karena dapat membuat otak sulit berkonsentrasi.

 

1. Nggak Sarapan

(image:hellosehat.com)

Jangan melewatkan sarapan setiap hari. Nggak sarapan tak hanya membuat tubuh kurang berenergi, tetapi juga sulit konsentrasi. Kalau kamu nggak sarapan, sama saja seperti mau berangkat ke sekolah tapi kendaraanmu nggak ada bahan bakarnya. Kalau tiba-tiba kamu ngantuk di kelas, coba deh kamu ingat-ingat lagi, sudah sarapan belum tadi pagi?

 

2. Makan Berlebihan

(image:vemale.com)

Terlalu banyak makan tak hanya bisa menyebabkan kegemukan dan mengundang berbagai penyakit. Asupan makanan yang nggak sehat bisa membuat otak nggak mendapat nutrisi penting untuk bekerja dengan optimal.

 

3. Kurang Minum

(image:karanggedesismamedika.com)

Jangan lupa untuk mengonsumsi cukup air setiap harinya. Ini salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar nggak dehidrasi. Karena dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) berdampak buruk pada fungsi otak, sebab itu kita harus banyak minum agar terus fokus dan nggak mudah mengantuk.

 

4. Banyak Konsumsi Gula

(image:blog.duniamasak.com)

Banyak penelitian mengungkap efek konsumsi gula berlebihan dapat mengurangi kinerja otak. Banyak konsumsi makanan tinggi gula ternyata bisa mempengaruhi proses berpikir dan emosi seseorang. Di samping itu, gula berlebihan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, hingga jantung koroner.

 

5. Telat Tidur

(image:hellosehat.com)

Seperti tubuh, bagian otak juga perlu istirahat minimal 6-7 jam per hari. Tapi kebanyakan remaja memiliki kegiatan begadang itu sudah biasa. Padahal tidur yang cukup akan memberikan waktu untuk otak dalam memperbaiki sel yang rusak di tubuh. Hindari kebiasaan tidur larut malam atau begadang yang mengurangi jam tidur kamu ya!

 

6. Merokok

(image:jawapos.com)

Kegiatan menghisap tembakau ini sudah sangat mengkhawatirkan, anak-anak SMP pun sekarang sudah banyak yang merokok. Padahal pemerintah sudah menegaskan jika rokok sangat membahayakan untuk kesehatan, tapi kegiatan ini masih dilakukan. Tak hanya merusak kesehatan, merokok juga berbahaya bagi kesehatan otak. Berbagai zat kimia dalam rokok dapat meracuni otak. Jangan anggap remeh, berhenti merokok sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Itulah 6 kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, tanpa menyadari hal buruk yang mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Jadi mulai sekarang, mulai ubah menjadi pola hidup sehat ya! Agar nggak menghambat kamu dalam mengejar cita-cita. Semangattt!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article