Sering Lupa? Hindari 5 Kebiasaan ini

03 Dec 2018

Kamu sering lupa menaruh kunci motor? Setelah dicari kemana-mana ternyata masih nyangkut di motormu? Wah bahaya! Untung nggak hilang motormu. Ternyata penyakit lupa ini, datang dari diri mu sendiri lho. Nggak percaya kan? Coba yuk simak, 5 kebiasaan ini yang bikin penyakit lupa kamu makin parah.

 

1. Terlalu Banyak Makan Junkfood

(image:lifestyle.okezone.com)

Kebiasaan nongkrong di tempat makan cepat saji ternyata nggak baik loh. Selain bikin kering kantongmu, hal ini juga bisa membuat kamu jadi pelupa.

Studi yang dilakukan Harvard University menemukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak lemak jenuh seperti makanan yang di makanan cepat saji, memiliki daya ingat yang kurang baik dibandingkan mereka yang kurang konsumsi makanan tersebut.

Oleh karena itu, kamu harus banget makan makanan yang segar seperti makanan dirumah. Pasti masakan ibu mu lebih kaya akan omega 3 dan protein, yang berperan dalam menjaga daya ingat otak kamu.

 

2. Jarang Olahraga

(image:hellosehat.com)

Olahraga nyatanya dapat membuat otak mengalirkan darah secara optimal. Studi yang juga dilakukan oleh Harvard University menemukan bahwa olahraga secara rutin dapat memperbaiki ingatan dan kemampuan berpikir.

Olahraga dapat membuat kadar insulin tubuh berkurang, inflamasi berkurang, dan menstimulasi hormon pertumbuhan yang merupakan zat kimia di otak yang dapat mempengaruhi kesehatan sel otak, pertumbuhan pembuluh darah di otak, dan pertahanan sel otak yang baru. Jadi mulai sekarang, harus rajin-rajin olahraga ya! selain buat badan kamu atletis, bisa membalikan penyakit lupa mu lho.

 

3. Merokok

(image: surabaya.tribunnews.com)

Kamu suka merokok? Emang sih trend zaman sekarang itu ya salah satunya adalah merokok. Tapi percaya deh, kamu lebih keren kalau tanpa rokok. Lagi pula kalau kamu nggak merokok, banyak cewek yang bakal kesemsem sama kamu. Nggak percaya?

Coba deh berhenti rokok dari sekarang. Selain itu kebiasaan merokok dapat merusak kemampuan mengingat kamu, karena merokok dapat mengurangi oksigen yang sampai ke otak. Wah! nggak bagus kan? Jadi kurang-kurangin deh dari sekarang.

 

4. Begadang

(image:tribunnews.com)

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya..

begadang boleh saja kalau ada perlunya..

Nah kan! Om Rhoma aja udah kasih tau kalau jangan begadang. Apalagi kalau begadang cuma buat main game doang, aduh benar-benar tiada artinya. Studi yang dilakukan di Universitas California telah menemukan adanya hubungan antara tidur dengan kemampuan daya ingat otak.

Saat kamu tidur, gelombang otak diproduksi untuk menyimpan memori. Gelombang tersebut akan mentransfer hippocampus ke prefrontal korteks, yang merupakan tempat memori jangka panjang disimpan.

Sehingga, saat kamu kurang tidur atau keseringan begadang, memori otak nggak akan sampai ke prefrontal korteks. Akibatnya, kamu akan lebih mudah lupa dalam mengingat sesuatu hal, seperti lupa dengan nama orang.

 

5. Stress

(image:hellosehat.com)

Sudahlah, kalau udah putus jangan diingat-ingat lagi, yang ada bikin kamu stress sendiri. mendingan lakukan hal yang lebih positif seperti mengingat pelajaran yang tadi diajarkan oleh gurumu.

Ketika kamu stress, pikiran kamu akan mengalami overstimulasi atau terganggu, sehingga membuat kemampuan mengingat otak kamu menjadi berkurang.

Bahkan, stress dapat menimbulkan trauma emosional yang dapat mengarah pada kehilangan ingatan, jadi please kalau si dia sudah nggak cinta, mending kamu cari cinta mu yang sesungguhnya.

 

Itu dia 5 kebiasaan buruk, yang membuat kamu jadi pelupa. Jangan bilang kamu juga lupa sama cita-cita kamu untuk menjadi akuntan?

Baca juga: Apa Bedanya Jurusan Akuntansi dan Manajamen Keuangan?

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019