ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

Tahukah Kamu Sejarah Didirikannya Kampus PKN STAN?

Published at 16 Aug 2018 03:35

Politeknik Keuangan Negara STAN bukanlah kampus yang berdiri dari awal dengan nama dan bentuk seperti sekarang ini. PKN STAN adalah penggabungan beberapa akademik, kursus dan institut yang berada dibawah kementerian keuangan. Mari kita lihat sejarah dan perkembangan kampus STAN dari masa ke masa.

(1952) Kursus Djabatan Ajun Akuntan (KDAA) meliputi Ajun Akuntan Negara (AAN) di Bandung dan Ajun Akuntan Pajak (AAP) di Jakarta.

(1957) Akademi Pajak dan Pabean (AP2). Akademi ini awalnya bernama Akademi Pajak yang dibentuk pada tanggal 4 Oktober 1956. (1959) Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (STIKN) didirikan setelah AP2 dibubarkan. Terdapat empat jurusan yaitu Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai, dan Kebendaharaan Umum.

(1958) Selama periode berdirinya STIKN, terdapat pula beberapa sekolah bidang keuangan lain di antaranya Akademi Treasury Negara (ATN) yang dibentuk pada tahun 1958 oleh Departemen Keuangan. Akademi ini didirikan dalam rangka menyediakan tenaga ahli yang kompeten di bidang keuangan negara dalam rangka pelimpahan tugas administrasi negara.

(1963) Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) didirikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Akedemi ini berawal dari sebuah kursus, dan masa pendidikannya memakan waktu 5 tahun

(1967) Institut Ilmu Keuangan (IIK) merupakan integrasi dari STIKN, ATN, dan ADPK. Institut ini setara dengan perguruan tinggi negeri yang menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Ada empat jurusan dalam institut ini, yaitu: Akuntansi, Pajak Umum, Bea Cukai, dan Kebendaharaan Umum. IIK ini akhirnya ditutup pada tahun 1975.

(1974) Kampus STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) bukanlah transformasi dari IIK. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah Badan Pendidikan dan Latihan keuangan (BPLK).

Di tahun 1975, ijin penyelenggaraan pendidikan akuntan didapatkan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelum Kampus STAN Bintaro diresmikan, STAN menyelenggarakan pendidikannya di kampus Purnawarman (di Jl.Purnawarman). Kampus STAN Bintaro mulai digunakan pada tahun 1988, 2 tahun setelah peresmiannya oleh Menteri Keuangan RI saat itu pada tanggal 16 Juli 1986.

(2015) Pada tanggal 15 Juli 2015 keluarlah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN yang menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN. STAN mendapatkan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari jenjang Diploma I hingga Doktor (S3) Terapan.

Related Article