ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

TINGGALIN 5 HAL INI KALAU KAMU MAU SUKSES!

Published at 01 Dec 2020 16:20

Hidup sukses memang dambaan semua orang, termasuk kamu salah satunya hehehe. Tapi, jadi sukses juga nggak gampang lho, Kawan ENS! Banyak hal yang harus kita tinggalkan dan perjuangkan.

Kalau kamu mau jadi orang sukses, kamu harus rela nih ngelepasin beberapa hal yang merugikan buat hidup kamu. Hal yang merugikan biasanya gampang dilakukan, tapi susah buat dilepasin… betul nggak? Hehehe. Tapi nggak apa-apa lama-lama jadi terbiasa kok, Kawan ENS! Kan ada pepatah “bisa karena terbiasa”.

Jadi, kalau kamu mau banget hidup kamu sukses, yuk tinggalin dulu ke-5 kebiasaan ini!

1. Lari Dari Masalah

Biasanya kalau kita lagi punya masalah, kita selalu lari dari masalah tersebut tanpa mencari solusi. Bener nggak? Ya iya sih, lari dari masalah emang paling gampang, Kawan ENS… tapi kamu pasti tau ‘kan kalau itu cuma solusi sementara?

Nah, daripada kamu lari dari masalah, mendingan kamu cari solusi terbaik untuk menghadapi masalah-masalahmu itu ya!

 

2. Menunda-nunda Tujuan Hidup

Pasti dalam hidup, kamu punya banyak goals yang ingin kamu capai. Punya banyak daftar goals dalam hidup memang bagus. Tapi hal itu jadi nggak bagus kalau kamu menunda-nunda tujuan hidup kamu, Kawan ENS! Jika kerjaan kamu sehari-hari cuma berdiam diri di rumah dan nggak berusaha buat mewujudkan tujuan hidup kamu, kamu bakalan jauh dari kata ‘sukses’. Nggak mau ‘kan kalau kamu jadi membuang-buang waktu kamu?

 

3. Lebih Banyak Membuat Alasan Daripada Keputusan

Hayo siapa di sini yang kerjaannya cuma bikin excuse alias bikin alasan mulu?

Biasanya orang-orang gagal mempertahankan kesuksesan dalam jangka panjang karena suka banget bikin alasan dibandingkan membuat keputusan. Kalau kayak gitu ujung-ujungnya orang-orang mikir kalau omongan kamu cuma omong kosong aja.

Jadi, lebih baik kamu belajar untuk membuat keputusan yang konkrit dibanding membuat alasan-alasan. Biasanya orang yang sering membuat alasan sering dibilang nggak konsisten dan jadi sulit dipercaya lho!

 

4. Terlalu Pusing Memikirkan Pendapat Orang Lain

Salah satu hal yang bikin kamu nggak sukses-sukses adalah kamu terlalu pusing memikirkan omongan orang lain. Jadi kalau kamu mau melakukan sesuatu yang menurut kamu baik, kamu selalu nggak pede karena takut pendapat orang lain nggak sejalan dengan kamu.

Padahal kan yang menjalankan itu ya diri kamu sendiri. Kamu pasti paham dong yang kamu lakukan itu hal yang baik atau nggak, hehehe.

 

5. Memandang Sebelah Mata Diri Sendiri

Minens sering banget ngeliat curhatan-curhatan orang-orang di salah satu platform media sosial yang sedang viral lagi nih... Mereka-mereka yang curhat biasanya suka nggak percaya sama diri mereka sendiri. Mereka selalu menganggap diri mereka itu sebagai “kegagalan” atau “kentang”.

Hmm… padahal mereka belum sadar kalau banyak potensi yang ada di dalam diri mereka. Sebenernya hal yang kayak gini nih yang bisa menghambat kamu menuju kesuksesan. Ujung-ujungnya kamu jadi nggak mau ngelakuin apa-apa karena kamu membatasi diri kamu sendiri deh. Terus yang rugi siapa? Ya diri kamu sendiri, Kawan ENS! Coba deh kalau orang-orang nggak percaya sama potensi kamu, mulai sekarang kamu yang harus lebih percaya sama diri kamu sendiri

 

So, gimana? Kamu mau tetap milih mempertahankan hal-hal di atas atau ngelepasin aja nih, Kawan ENS?

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ya, semoga membantu! ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article