ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Uang Bulanan Nggak Pernah Nyisa? Inilah 5 Cara Cermat untuk Mengatur Keuangan dengan Baik!

Published at 18 Sep 2019 14:30

Pernah nggak sih kamu berpikir kenapa uang bulanan kamu selalu habis sebelum waktunya? Hmmm, pasti ada yang salah dari cara kamu untuk ngatur keuanganmu nih.

Biasanya, kalau uang bulanan kamu selalu habis sebelum waktunya, kamu belum bisa mengatur pengeluaran kamu. Masih banyak segelintir orang yang susah mengatur uang bulanannya, mungkin kamu juga salah satunya ya? Hehehe.

Tapi, tenang aja! Karena ada cara cermat yang bisa membantu kamu ngelewatin masalah ini! Check it out

 

1. Punya Dua Rekening atau Lebih

Biar uang kamu nggak nyampur-nyampur, lebih baik kamu bikin dua tabungan atau lebih nih Kawan ENS! Memiliki lebih dari satu rekening bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Kamu bisa membedakan rekening untuk menabung dan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan sampai uang untuk menabung dan untuk sehari-hari tercampur.

 

2. Investasi

Jaman sekarang, banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk investasi sedini mungkin. Kalau uang tabungan dan uang sehari-hari udah kamu simpan tapi masih tersisa, kamu bisa coba untuk melakukan investasi Kawan ENS! Bisa melalui Asuransi, Reksa Dana, Emas, atau perhiasan dengan nilai jual yang tinggi, hehehe.

Setiap tahun, biaya hidup semakin mahal lho! Nah, investasi yang udah kamu lakuin bisa menguntungkan deh di masa depan!

 

3. Buat Laporan Keuangan Harian

Ini juga nggak kalah penting kalau kamu mau mengatur keuangan kamu biar lebih stabil. Kamu bisa coba bikin laporan pengeluaran kamu dalam sehari. Dari segi pengeluaran makanan, jajan, biaya pulsa, dan lain-lain.

Kamu harus punya gambaran berapa uang kamu keluar dalam sehari dan kamu kali-kan dalam sebulan.

 

4. Manfaatkan Diskon Cyin!

Hayo siapa di sini yang nggak tergiur sama diskon? Diskon atau potongan harga bisa membantu kamu banget untuk menghemat pengeluaran kamu. Kamu bisa manfaatin diskon atau potongan harga yang ada di mall atau supermarket, hehehe. Lumayan banget kan buat keberlangsungan hidup kamu?

 

5. Hindari Belanja yang Berlebihan

Salah satu cara biar keuangan kamu tetap stabil adalah jangan terlalu mudah tergiur untuk belanja. Ini nih godaan yang sering banget dirasain setiap lagi hemat dan paling susah dihindari.

Kalau nggak ada barang-barang yang nggak kamu butuhin banget, kamu bisa tunda dulu untuk membeli barang tersebut. Jangan cuma karena produk itu lucu atau cocok di orang lain kamu jadi kepengen juga, hehehe. Malah, ujung-ujungnya jadi nggak kepake deh!

 

So, itulah ke-5 cara yang bisa kamu lakuin untuk me-manage keuangan kamu. Kalau kamu konsisten ngelakuin ke-5 hal tersebut, kamu nggak bakalan kehabisan uang bulanan sebelum waktunya! Hehehe.

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar lebih bermanfaat ya! Semoga membantu 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article