ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

4 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas Belajar!

Published at 19 Nov 2018 15:00

Mager alias malas gerak itu seperti layaknya penyakit yang gampang kambuh, setuju nggak? Tanpa alasan yang jelas suka tiba-tiba males ngapa-ngapain, males bangun pagi mau berangkat sekolah, males mandi, males dijalannya macet, dan kemalesan lainnya.

Tapi jelas itu bukan kebiasaan yang baik ya! Rasa malas itu harus dilawan nggak boleh dipelihara karena akan memberikan dampak yang nggak baik buat diri kamu. Kemalasan akan menjauhkan kamu dari kesuksesan.

Waktunya make a move untuk perang melawa rasa malas, terutama malas belajar!

 

1. Jangan Pernah Menunda

Ini cara yang paling ampuh buat lawan rasa malas kamu, jangan pernah coba-coba untuk menunda suatu hal. Misalnya di hari senin kamu ada tugas, usahakan ketika kamu sudah di rumah langsung kamu kerjakan, jangan berpikir “nanti aja deh dikumpulinnya juga minggu depan masih lama” memang kamu yakin bisa menyelesaikannya dalam satu hari? Atau kamu yakin dalam satu minggu itu hanya itu tugas yang harus kamu kerjakan? Kalau misalkan di hari selasa, rabu atau kamis ada tugas juga? Gimana? Dijamin kamu bakalan keteteran deh, jadi jangan pernah menunda-nunda tugas/pekerjaan kamu ya!

 

2. Punya Alasan Kenapa Harus Rajin

Alasan terpenting untuk kamu menjadi rajin adalah orangtua. Karena orangtua kamu yang sudah membiayai semua kebutuhan kamu untuk bisa dapat pendidikan terbaik. Tapi kamu malah malas-malasan, kemalasan itu hanya akan membuat kamu nggak akan mendapatkan ilmu apa-apa di sekolah. Padahal orang tua kamu sudah kerja keras untuk sekolah kamu. Kebayang nggak gimana kecewanya orang tua kamu, kalau tau kamu malas-malesan belajarnya?

 

3. Bentuk Pola Pembiasaan

Pernah dengar istilah “bisa karena terbiasa”? ini yang harus kamu coba kamu lakukan, kamu harus membiasakan belajar pada jam yang sama setiap harinya dengan begitu kamu akan terbiasa untuk memulai belajar karena sudah tau waktunya untuk belajar. Kalau kamu bisa rutin terus melakukannya, percaya deh ‘si malas’ nggak akan menghampiri kamu lagi.

 

4. Beri Hadiah Pada Diri Sendiri

Pernah membahagiakan orang lain tapi dikecewakan? Huft... mulai sekarang kamu harus bisa membahagiakan diri sendiri, dengan cara memberi hadiah pada diri sendiri. Kalau kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu dan mendapatkan nilai yang bagus. Reward-nya bisa apa saja hal-hal yang kamu sukai, membeli apa saja barang yang kamu inginkan.

Dengan begitu kamu akan merasa lebih termotivasi dan semangat untuk melakukan sesuatu demi sebuah reward untuk diri kamu sendiri.

Kamu harus bisa menumbuhkan niat untuk belajar dalam diri kamu dan harus bisa melawan rasa malas kamu ya, apalagi kalau kamu pengen masuk PKN STAN nggak boleh tuh ada pikiran “lagi males belajar, entar aja deh” duh! Lenyap sudah posisi kamu untuk jadi calon mahasiswa PKN STAN akan diambil sama yang lain yang lebih rajin belajarnya.

 

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

 

Related Article