ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Tips Meningkatkan Brain Power Untuk Mempertajam Pikiran Dan Ingatan Kamu!

Published at 17 Jan 2019 16:23

Pernah nggak sih waktu kamu lagi mengerjakan sesuatu seperti belajar, mengerjakan tugas, atau melakukan suatu pekerjaan terus tiba-tiba terdiam, bengong dan bingung gitu mau melakukan apa lagi, karena seketika kamu lupa apa yang harus mau lakukan? Suka sebel nggak sih kalau lagi gitu?!

Dan tau nggak, kenapa tiba-tiba bisa gitu? Nah, itu adalah satu tanda kalau kamu perlu untuk re-charge kekuatan otak kamu lho. Seiring kita beranjak dewasa, otak kita emang mulai kehilangan ketajaman pemikirannya sedikit demi sedikit.

Nggak mau dong, kamu mengalami kepikunan sebelum waktunya? Karena itu kamu perlu untuk meningkatakan kekuatan otak atau brain power yang bisa mempertajam pemikiran, bahkan meningkatkan daya ingat kamu.

Simak di sini nih ya!

 

1. Perbanyak jalan-jalan

(image:pexel)

Jalan-jalan dalam artinya sebenarnya ya. Jalan kaki loh! Bukan naik motor, mobil atau kendaraan lainnya hehe. Kamu tau nggak nih? Saat berjalan kaki, otak kamu berada dalam fase neuroplastic atau sebuah keadaan di mana otak kamu siap untuk menampung informasi dan melepaskan growth factor yang berperan sebagai “pupuk” sebagai penyubur otak kamu.

Bahkan beberapa penelitian menyatakan, kalau kamu melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setiap hari secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit dementia sampai 60% lho!

 

2. Kurangi googling

(image:pexel)

Nggak salah lagi kalau sekarang kamu selalu mengandalkan google untuk mencari berbagai informasi, ya kan? Sama aku juga sih hehe. Tapi katanya, internet itu membuat otak menjadi tumpul lho! Well, tergantung gimana menggunakannya sih ya.

Karena, konon katanya kalau semakin mudah kamu mendapatkan informasi yang kamu cari, maka akan semakin mudah juga kamu melupakan informasi tersebut. Hal ini dapat terjadi karena kamu nggak menggunakan kemampuan otak kamu untuk berusaha mendapatkan informasi yang kamu cari tersebut.

Inilah alasan kenapa kamu harus mengurangi googling kalau kamu bertekad untuk meningkatkan brain power kamu. Coba deh, mulai dari sekarang kamu mulai rutin baca buku, ngobrol atau sharing dengan orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan otak kamu dalam mengolah sebuah informasi dan bisa mempertajam ingatanmu.

 

3. Stop multitasking

(image:pexels)

Beberapa orang beranggapan kalau multitasking itu merupakan suatu hal yang hebat, karena bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu atau dalam waktu yang berdekatan. Tapi pada kenyataannya, multitasking itu akan membuat pekerjaan yang sedang kamu lakukan nggak efektif, malah akan membuat kamu kerepotan sendiri dan akhirnya menurunkan kemampuan otak kamu untuk fokus.

Pada akhirnya, semua yang kamu kerjakan berujung dengan hasil yang tidak memuaskan atau kemungkinan terburuknya kamu nggak bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tersebut lho!

 

4. Belajar bahasa baru atau memperbanyak pembendaharaan kosa kata

(image:bahasainggrisku.com)

Sebuah studi dari Swedia menyatakan kalau kamu mempelajari sebuah bahasa baru saat kamu dewasa, akan membantu mengembangkan bagian-bagian otak yang terkait dengan ingatan dan pemikiran kognitif seperti cerebral cortex. Hal ini terjadi karena otak kamu terlatih untuk tetap berpikir kritis meskipun usia kamu sudah nggak muda lagi.

 

5. Yoga

(image:Kaskus)

Selain bisa membantu kamu menjaga kesehatan tubuh dan menenangkan pikiran, ternyata olahraga Yoga juga bisa membantu kamu untuk lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Serunya, olahraga yoga ini bisa kamu lakukan di rumah tanpa perlu peralatan tambahan apa pun. Yuk langsung coba!

 

6. Tidur nyenyak

(image:Merdeka.com)

Ketika kamu tidur, otak kamu akan “bergotong royong” untuk membersihkan racun-racun yang berpotensi mengganggu kinerja sambil membentuk jaringan-jaringan baru antar neuron yang terdapat di dalam otak.

Tapi kalau tidur kamu terganggu apalagi karena gadget, maka proses tersebut pun akan terhambat. Dan akhirnya otakmu akan kehilangan kesempatan untuk melakukan “maintenance” untuk menjaga performanya agar tetap tajam.

“Terus gimana dong kalau susah tidur?” kalau kamu susah tidur, pengen tidur tapi nggak ngantuk gitu. Coba deh buat baca buku jangan malah mainan gadget, baca buku sebelum tidur itu terbukti dapat membuat tidur kamu lebih berkualitas lho! Engga percaya? Buktikan sendiri deh!

Nah, tips-tips ini emang nggak bisa membuat kamu jadi langsung jenius pas abis baca. Atau pas kamu baca bentar terus dipraktekin, besoknya langsung bikin kamu punya ingatan yang tajam, setajam mulutnya pacar mantan! Hehe, bukan lho ya! Tapi ini bisa membantu kamu untuk membangun tubuh dan pemikiran yang terjaga lagi sehat.

Kata pepatah sih "healthy mind in healthy body" atau di bahasa kita "di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang kuat". Nah, semua hal itu pasti membutuhkan proses, kan?

So, slowly but sure. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya! ☺                

 

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Ayu Desra Y

Related Article