Blog

ENS TIPS

Inilah 5 Cara untuk Menemukan Passion Kamu! Dijamin Nggak Bingung Lagi, Deh!

Published at 13 Feb 2019 14:31

Setiap orang tentunya memiliki passion atau minat terhadap sesuatu hal. Passion menjadi salah satu hal yang mencerminkan dan menggambarkan siapa diri kamu  yang sebenarnya. Menemukan passion memang susah-susah gampang.

Bagi orang yang langsung tahu apa passion-nya, rasanya nggak sulit untuk menemukannya, ya? tetapi bagi mereka yang masih bingung dan kesulitan, rasanya sulit sekali lho! Alhasil, nggak jarang yang sampai sekarang masih merasa bingung apa passion mereka. Nah, kalau kamu merasa bingung juga, yuk coba baca ke-5 cara ini! Dijamin pasti ketemu deh!

1. Kenali hal yang paling menonjol dari diri kamu

Untuk menemukan passion kamu yang pertama, sekarang saatnya kamu mengenali hal apa yang paling menonjol dari diri kamu. Coba kamu ingat-ingat lagi di antara sekian hal yang pernah kamu lakukan, kamu lebih menonjol ke bidang yang mana? Apakah ke bidang musik, sastra, seni, olahraga, atau yang lainnya?

Untuk tahu jawabannya, kamu harus mengenali diri kamu tentunya. “Gimana ya kak caranya?” kamu bisa coba membuat analisis SWOT untuk diri kamu sendiri. Pahami diri kamu perihal passion tersebut dan temukan keunikan yang ada pada diri kamu itu.

 

2. Apa yang kamu senangi dan sukai di waktu kecil

Untuk menemukan passion kamu yang selanjutnya, kamu perlu mengetahui apa yang menjadi kesenangan dan kesukaan kamu sewaktu kamu kecil. Sebagai contoh, apakah sewaktu kecil kamu senang dan suka menggambar? menulis? bernyanyi? bermain alat musik? atau hal yang lainnya?

Bisa jadi di antara hal tersebut ada passion yang selama ini belum kamu sadari, cuma kamunya aja yang belum peka hehehe.

 

3. Terkait dengan impianmu di masa depan

Kamu ingin menjadi dan mencapai apa di 10-20 tahun mendatang dari diri kamu yang sekarang? kamu ingin bermimpi memiliki apa di masa-masa mendatang? apa yang kamu harapkan dari diri kamu di masa sekarang untuk masa mendatang?

Coba renungi itu semua dan jawablah secara jujur! Pasti nggak lama lagi kamu akan menemukan passion-mu deh, asal nggak tebak-tebak buah manggis lho ya!

Jika kamu menginginkan sesuatu di masa mendatang, maka yang harus kamu lakukan adalah bersiap bergerak dari sekarang!

4. Mempelajari hal yang disenangi dan disukai

Nah, jika kamu memiliki kesenangan dan kesukaan terhadap sesuatu hal yang benar-benar menarik perhatian kamu, maka kamu akan mempelajarinya.

Maksudnya, kamu akan mempelajari kesenangan dan kesukaan kamu tersebut secara lebih mendalam. Kamu ingin tahu banyak terhadap informasi-informasi yang ingin kamu dapatkan darinya.

Kamu selalu kepo alias penasaran untuk terus menggali hal-hal yang belum kamu dapatkan dari kesenangan dan kesukaan kamu tersebut. Bahkan, kamu semakin penasaran dibuatnya untuk terus mencobanya. Betul kan?

 

5. Kenali siapa yang menjadi mentor kamu

Nah, yang ini penting juga untuk kamu ketahui. Kalau kamu senang dan suka terhadap sesuatu hal, maka kamu bisa melihatnya dari siapa mentor kamu.

Hal itu dikarenakan mentor turut memengaruhi kamu dalam hal yang kamu senangi. Kamu tentu akan belajar banyak dari dia dan menggali nilai-nilai yang baik juga dari hidupnya.

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan passion kamu nih. Setidaknya, kamu nggak perlu bingung lagi untuk menentukan apa pilihan yang akan kamu ambil dan berdampak untuk kehidupan kamu di masa mendatang.

Yang terpenting, temukan apa yang kamu cintai dan apa yang kamu cari selama ini. Temukan dengan setepat-tepatnya dan sebaik-baiknya ya! Semangat mencoba! ^_^

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Sarah Farhana

Related Article