4 Penyebab Kenapa Goals Kamu Sering Gagal!

11 Jan 2019

Setiap manusia penting memiliki target atau resolusi dalam hidupnya. Kamu setuju nggak dengan pendapat itu?

Menurut definisi dari cambridge.org, resolution berarti “a promise that you make to yourself to start doing something good or stop doing something bad” intinya, resolusi adalah sebuah janji.

Layaknya janji, resolusi juga sering susah banget ditepati. Kadang-kadang berhenti di tengah jalan, atau terkadang ada juga yang nggak terealisasi sama sekali. Jadi, hanya sekedar wacana aja. Kira-kira kenapa ya, bisa begitu?

Coba deh, kenali dulu empat alasan utama kenapa target atau resolusi sering gagal dicapai, agar kamu bisa introspeksi diri!

 

1. Berpikir Berlebihan

(image:Ilustrasi stres. © Lifehacker)

Kamu tahu nggak sih, kalau pemikiran yang berlebihan itu sama bahayanya dengan rasa malas. Konon katanya, overthiking itu beda tipis dengan terlalu khawatir. Sehingga mengakibatkan kamu jadi punya banyak pikiran negatif, bahkan sebelum kamu mulai membuat target atau goals untuk hidup kamu.

Misalnya, kamu punya target untuk masuk PKN STAN. Tapi belum apa-apa, kamu sudah berpikir, “kayanya nggak bisa deh masuk PKN STAN saingannya banyak, nggak bisa tembus masuk PKN STAN deh tes nya susah banget, PKN STAN kan jauh di bintaro diizinin kos nggak ya sama orang tua” dan pikiran-pikiran lainnya yang berdengung di kepala kamu. Sehingga, akhirnya kamu nggak mau mencoba untuk lebih akrab dengan PKN STAN.

Hal yang paling penting untuk membuat perubahan adalah memulainya. Pokoknya, mulai aja dulu. Karena overthinking hanya akan membuat kamu nggak berani untuk melakukan apa-apa. Sayang kan, kalau kamu sudah punya niat tapi dihancurkan oleh pikiran-pikiran negatif dari diri sendiri.

 

2. Nggak Realistis

(image:kammilipia.com)

Kamu boleh kok punya mimpi apapun dalam hidup kamu, tapi kalau impian kamu nggak sesuai dengan realita atau kamu nggak punya strategi untuk mencapainya, maka impian kamu hanya akan sekedar jadi mimpi aja, nggak akan terwujud nyata.

Misalnya, kamu pengen jadi mahasiswa PKN STAN tapi kamu nggak meluangkan waktu untuk belajar, pulang sekolah main, pulang sekolah nongkrong nggak pernah memikirkan strategi untuk lolos sPMB PKN STAN itu gimana.

So, buat targetmu jadi lebih realistis. Misalnya, jangan langsung bikin target bisa jadi mahasiswa PKN STAN, tapi coba targetkan dulu untuk punya strategi belajar yang baik agar lolos SPMB PKN STAN, dengan cara coba luangkan waktu untuk belajar. Kalau kamu bisa menjadikan belajar sebagai rutinitas, dan bisa punya strategi belajar yang baik, nggak menutup kemungkinan kok kamu akan lolos di SPMB PKN STAN.

 

3. Terlalu Banyak Target

(image:dipoputra.com)

Selain nggak realistis, hal yang bisa membuat target kamu nggak tercapai itu adalah target yang kamu buat itu terlalu banyak! Memang sih namanya juga manusia, pasti sering ngerasa nggak puas, kadang juga nggak mengukur kemampuan diri. Jangan sampai kamu asal merencanakan target, tanpa bisa berpikir realistis. Maka otomatis target kamu nggak akan terwujud.

 

4. Malas Melaksanakan Target dengan all-out dan Konsisten

(image:blog.modalku.co.id)

Rasa malas itu memang racun bagi umat manusia dalam melakukan hal apapun. Kadang kegagalan kamu melakukan resolusi, bukan karena kamu nggak sanggup melakukannya tapi karena kamu malas dan nggak berusaha menjalankannya dengan all-out. Pokoknya jangan mau kalah deh sama si malas ini!

 

Nah, itulah 4 alasan yang bisa membuat target atau resolusi kamu gagal! Apa sih yang biasanya bikin resolusi atau goals kamu gagal? Semoga bermanfaat ya. Selamat menjalankan resolusimu, semoga tercapai!

 

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019