ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

5 Alasan Kamu Wajib Merancang Peta Perjalanan dalam Meraih Impian

Published at 25 Sep 2018 11:52

Impian yang ingin kamu raih tentunya harus melewati proses dan waktu yang gak sedikit. Kesuksesan baru bisa diraih kalau kamu sudah menempuh perjalanan panjang dalam menaklukkan setiap tahap tantangannya. Tapi perjalanan panjang itu bakal sulit dilalui dengan lancar tanpa sebuah peta. Yuk simak di sini, seberapa penting sih merancang peta perjalanan untuk meraih mimpi?

 

1. Peta perjalanan bakal memandumu lebih fokus pada tahapan target menuju impian

Kalau setiap tahapnya bisa kamu taklukkan dengan usaha terbaik, pastinya jalan menuju impianmu bakal lebih mudah dicapai. Kalau ditengah jalan kamu lupa, peta rancanganmu juga bisa menjadi pengingatnya. Kamu yang sudah membuat alur langkah, bakal lebih mudah mengendalikan kondisi dan fokus pada tahap yang menjadi targetmu. Jadi ibarat membuat baju, desainlah terlebih dahulu. Jangan cuma diterawang dalam angan, ya.

 

2. Setiap tahap yang kamu buat dalam peta, memudahkan evaluasi titik target yang udah dicapai

Kamu bisa menilai apakah kondisi tahap yang sudah dilalui sesuai dengan apa yang kamu harapkan? Ibaratnya seperti transit dalam perjalanan ke tempat jauh, kamu bisa evaluasi apakah langkahmu sudah benar atau tersesat? Kalau sudah ada petanya, kamu bisa cek setiap titik tahap yang sudah ditempuh supaya gak melenceng dari target.

 

3. Tanpa merancang peta perjalanan, kamu ibarat merencanakan untuk gagal

Ya, layaknya menempuh perjalanan jauh, kamu perlu tahu jalan mana saja yang harus didaki agar sampai ke tujuan. Kamu bisa tersesat kapan saja kalau gak punya peta perjalanan yang matang sebelum realisasi. Itu artinya kamu merencanakan untuk gagal. Ibarat membangun rumah, justru pondasi pertamalah yang harus kuat supaya setinggi apa pun rumah itu, tetap bisa berdiri kokoh.

 

4. Impian yang besar gak lahir dari langkah yang setengah-setengah

Perjalanan panjang terdiri dari kumpulan perjalanan-perjalanan kecil yang berkesinambungan. Begitu pun dengan kesuksesan mencapai mimpi yang terdiri dari kumpulan kesuksesan kecil. Dakilah satu per satu tahapannya dengan berfokus pada tujuan akhir, bukan pada banyaknya tahapan yang harus dilalui.

 

5. Bisa saja impianmu tercapai tanpa peta, tapi kamu pasti melewati pemborosan waktu dan langkah yang kurang efisien

Bukan hal yang gak mungkin kalau kamu bakal melewati jalan yang berputar-putar atau bahkan tersesat jauh dari targetmu. Hasilnya pasti akan berbeda antara mereka yang punya peta dengan rencana yang matang dengan mereka yang hanya punya prinsip ‘jalani saja’. Rancanglah peta perjalananmu baik dalam bentuk tabel, list atau pun gambar, sebab peta akan menghidarkanmu dari pemborosan waktu yang kurang efektik. Dengan begitu keberhasilan dalam mencapai impianmu bakal lebih terjamin.

 

Itulah 5 alasan mengapa kamu wajib merancang peta perjalanan untuk meraih impian. Jangan sampai kamu malah tersesat di tengah jalan. Sukses selalu ya!

 

Related Article