ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Cara Mengatasi Mengantuk saat Belajar di Rumah!

Published at 21 Nov 2018 15:00

Siapa yang suka mendadak ngantuk kalau lagi belajar sendirian di rumah? Udah pasti kamu deh, hehe. Tak bisa dipungkuri kalau rasa ngantuk itu nggak bisa dihindari apalagi kalau abis makan terus tiduran. Udah pasti langsung males deh buat mulai aktivitas apalagi belajar.

Bagaimanapun kamu tetap punya tanggungjawab untuk nggak melalaikan tugas kamu sebagai pelajar, nggak cuman di sekolah tapi di rumah juga kamu harus tetep belajar mengerjakan PR dan mereview materi yang telah kamu pelajari di sekolah. Kamu nggak bisa terus membiarkan rasa malas kamu tumbuh lebih besar dibandingkan niat untuk belajar.

Perlu cara mengatasi ngantuk saat belajar? Kamu bisa coba cara-cara ini!

 

1. Duduk Tegak

Posisi paling enak kalau belajar di rumah itu di tempat tidur, tapi belajar di tempat tidur malah membuat kamu merasakan kantuk yang hebat, inginnya rebahan terus, terus tidur-tiduran dan pasti langsung ketiduran deh. Jadi biasakan untuk belajar sambil duduk dengan tegak di meja belajar.

 

2. Cari Suasana Baru Sebentar

Kalau kamu udah mulai merasa bosan dengan suasana tempat belajar kamu, coba deh bergeser sedikit kamu bisa jalan keliling rumah, seperti ke teras atau ke dapur sambil cari cemilan tapi sebentar aja lho! dan setelah itu balik lagi ke tempat kamu belajar.

 

3. Ajak Teman Belajar Bersama

Kalau kamu mulai bosan belajar di rumah sendirian kamu bisa ajak temen kamu untuk belajar bareng, nggak perlu undang temanmu ke rumah atau kamu ke rumah temanmu. Kamu bisa menghubunginya lewat telpon atau video call, ini efektif untuk usir rasa kantuk karena kamu bisa berdiskusi, tapi ingat ya jangan malah keasikan ngobrol dan lupa sama belajarnya!

 

4. Makan Permen Karet

Pasti kamu suka dong sama ‘si manis’ yang satu ini, kamu bisa belajar sambil menyungah permen karet, ini bisa untuk mengurangi rasa kanatuk karena saat menguyah permen karet otot-otot rahang kamu akan aktif bergerak sehingga membuat otak tidak terfokus lagi pada rasa ngantuk kamu.

 

5. Minum Air Putih

Ternyata dehidrasi juga bisa menyebabkan ngantuk lho, dan dehidrasi itu nggak selalu terjadi pada orang yang terlalu banyak melakukan aktivitas fisik tapi bisa terjadi juga pada orang dengan aktivitas tenang, seperti belajar. Jadi, sebelum memulai belajar kamu bisa minum segelas air, lalu sediakan juga segelas air lagi untuk menemani kamu belajar.

 

Nah, itu 5 cara mengatasi mengantuk saat belajar di rumah! yang bisa kamu coba kalau kamu selalu merasa kantuk kalau lagi belajar.

Kamu nggak perlu kok belajar sampai larut malam, cukup dengan menyelesaikan PR dan bisa mengulang pelajaran yang telah dipelajari, atau coba mempelajari materi yang akan dipelajari besok.

Yang penting luangkan waktu untuk belajar! Jangan cuman stalking media sosial mantan aja, sudah waktunya move on. :D.

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article