ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

8 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Ujian, Kamu Pernah? 

Published at 12 Oct 2018 14:54

Ujian adalah momok menakutkan bagi pelajar. Hasil yang buruk akan menuntun kita pada remedial dan omelan dari orangtua. Belum lagi rasa malu yang timbul karena dapat nilai merah. Duh! Pokoknya banyak deh hal mengerikan yang berawal dari sebuah ujian.

Meskipun begitu tapi nyatanya kita masih saja sering melakukan kesalahan fatal saat ujian. Kira-kira kamu masih sering melakukannya gak nih?

 

1. Belajar dengan sistem kebut semalam (SKS)

Istilah SKS ini ngetren banget dikalangan para pelajar, karena kata banyak orang the power of kepepet itu bisa menjadi keajaiban dalam belajar. Padahal realitanya salah besar. Otak akan merasa tertekan karena dipaksa ‘menelan’ banyak materi. Hingga pada akhirnya usaha belajarmu sia-sia sebab sudah lupa keesokan harinya.

 

2. Berlaku curang dalam bentuk apapun itu

Mengapa hal ini disebut fatal padahal bisa berujung pada nilai yang cemerlang? Karena nilai besar yang berhasil kita dapatkan hanya sekedar memiliki arti sebagai angka semata. Kamu tidak mendapatkan dari makna ulangan yang sesungguhnya. Itu bukan sebuah keberhasilan yang bisa kamu banggakan.

 

3. Terpaku pada soal yang sulit

Ini merupakan hal yang paling sering terjadi pada pelajar, yaitu terpaku pada soal yang sulit. Memang gak salah jika kamu berusaha mencari jawaban dari pertanyaan sulit tersebut. Namun ada baiknya kamu tidak mengabaikan soal-soal yang lain, coba kerjakan soal yang mudah hingga ketingkat yang lebih sulit agar otakmu melakukan ‘pemanasan’ yang benar sebelum bertempur.

 

4. Tidak memanfaatkan waktu dengan baik

Ujian biasanya dilakukan dalam waktu yang terbatas, agar bisa mengukur seberapa besar kemampuanmu dalam mencerna materi yang lalu dan pemecahan masalah. Sayangnya banyak dari kita yang tidak sadar dengan pentingnya memanfaatkan waktu saat ujian. Selain berpaku pada soal yang sulit, bolak-balik ke kamar mandi juga bisa membuatmu kehilangan banyak waktu lho.

 

5. Terlalu sering mereview jawaban yang ada

Memikirkan ulang jawaban yang kamu buat hanya akan membuang waktumu percuma. Jangan membuat dirimu ragu dan tidak yakin pada jawabanmu sendiri. Untuk mencegahnya kamu bisa menjawab soal-soal tersebut secara serius saat pertama mengerjakannya. Dengan begitu kamu tak akan lagi ragu pada jawaban yang ada.

 

6. Tidak percaya diri pada kemampuan yang kita punya

Keraguan kerap kali membawa masalah, termasuk dalam mengerjakan ujian. Kalau kamu gak percaya diri, bisa-bisa kamu merusak fokus dan menciptakan pikiran negatif. Kemungkinan untuk bertanya pada teman juga bisa meningkat. Saat ujian cukup fokus dan percaya pada diri sendiri, agar semuanya berjalan lancar.

 

7. Menguasai beberapa materi saja

Mempelajari materi tertentu tidak akan membuatmu lancar saat ujian. Sebab kita gak akan tahu apa saja yang akan diujikan nanti. Oleh karena itu kamu sebaiknya mempersiapkan semua materi, sebagai bentuk waspada dan jangan menganggap beberapa materi tidak penting guys.

 

8. Berpasrah diri dan tidak mau berusaha

Saat stuck dalam mencari jawaban aksi andalan yang terakhir adalah dengan menjawabnya secara asal-asalan. Duh! Tindakan ini merupakan kesalahan terbesar yang biasa dilakukan para pelajar. Sebaiknya kamu maksmalkan waktu dengan mengingat lagi materi dan mencari kata kunci yang biasanya tersimpan diantara soal ujian yang ada.

Ujian sebaiknya gak kamu anggap sebagai musuh dalam proses belajar guys. Sebab melalui ujian kemampuanmu akan terukur dan kamu jadi mengetahui dimana titik kelemahan yang kalian punya.

 

Sumber:

idntimes.com

Related Article