Blog

ENS TIPS

5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Sifat Perfeksionismu, Berani Coba?

Published at 01 Apr 2019 16:28

Mempunyai sifat perfeksionis sebenernya enak nggak enak. Ada sisi positif dan negatif kalau kamu merupakan orang yang perfeksionis.

Positifnya adalah kamu selalu semangat dalam mencapai keinginan yang kamu kejar dan hidup kamu jadi lebih tertata juga sih… sedangkan negatifnya, kamu jadi takut banget gagal dan susah bersyukur. Tergantung dari persepsi masing-masing sih, pengen menganggap sifat ini sebagai anugrah atau musibah, hehehe.


Tapi, buat kamu yang nggak suka punya sifat perfeksionis… selalu ada cara kok buat mengatasi hal itu. “apa aja sih kak?” kamu bisa simak ke-5 cara berikut ini ya…

1. Belajar untuk Menerima Kegagalan

Kamu harus tau kalau semua hal nggak selamanya berjalan dengan mulus. Orang-orang yang sekarang suksespun pernah mengalami kegagalan berkali-kali dalam hidup mereka sebelum mencapai puncak.

Maka dari itu, kamu harus coba nih belajar untuk menerima kegagalan. Karena kegagalan itu nggak selamanya buruk kok, malah melatih kamu agar lebih ikhlas dalam menghadapi masalah, hehehe.

 

2. Harus Sadar Jika Nggak Ada Yang Sempurna

Manusia nggak selamanya sempurna. Pasti masing-masing dari mereka memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Begitupun kamu, kamu juga belum sempurna, pasti ada kelebihan dan kekurangan di dalam diri kamu. So, it’s okay not to be perfect

 

3. Berani Ambil Resiko

Dalam mengerjakan sesuatu, pasti ada yang namanya ‘resiko’. Semakin penting sesuatu yang kamu kerjain, maka semakin tinggi juga resikonya. Maka dari itu, untuk kamu yang perfeksionis, kamu harus belajar nih untuk berani ngambil resiko. Kalau kamu udah siap menghadapi resikonya, kamu juga akan siap untuk nerima kegagalan nantinya…

 

4. Harus Ikhlas dan Sabar

Ikhlas dan sabar… kedua hal itu penting banget nih diterapin buat kamu si perfeksionis. Biasanya banyak orang perfeksionis yang gagal tapi nggak mau menerima kegagalannya. Ujung-ujungnya jadi depresi, dan stress. Bahaya ‘kan? Tapi kalau kamu nerapin rasa ikhlas dan sabar, kamu jadi bisa ngendaliin emosi kamu deh.

 

5. Konseling

Kalau kamu udah ngerasa keganggu banget sama sifat perfeksionismu itu, kamu bisa konseling sama para ahlinya… kamu juga bisa kok konseling sama teman-teman dekat yang menurut kamu bisa membantu kamu, hehehe.

 

So, itulah ke-5 cara sederhana untuk mengatasi sifat perfeksionis kamu…
Sifat perfeksionis juga bisa dihilangin kok, asal ada niat dan kemauan aja, hehehe. Semangat terus ya!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article